Pembukaan Pelatihan Petugas Long Form Sensus Penduduk Tingkat Kabupaten Majene 

Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele menginstruksikan seluruh pimpinan OPD dan para Camat di Kabupaten Majene, agar  menghimbau jajaran dibawahnya untuk menyukseskan kegiatan Sensus Penduduk 2020 atau atau sensus penduduk long form di tahun 2022. Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan Pelatihan Petugas Long Form Sensus Penduduk Tingkat Kabupaten Majene Selasa 10 Mei 2022, bertempat di Aula Tammajarra LPMP Sulbar. Menurutnya Long Form SP 2022 begitu penting karna di harpakan dapat menghasilkan berbagai parameter demografi serta karteristik pendidik lainnya, untuk menghasilkan indikator SDGS dan RPJMN di bidang kependudukan. Tidak hanya itu, mantan Sekda Majene ini juga mengatakan manfaat data kependudukan hasil sensus penduduk 2020 akan semakin luas. Seperti perencanaan dan proyeksi penduduk sampai tahun 2050,  lebih luas lagi, data hasil penduduk 2020 yang dapat dimanfaatkan untuk penyempurnaan data administrasi kependudukan yang di kelola oleh Kementerian Dalam Negeri. ” saya mengajak seluruh masyarakat, untuk berpartisipasi didalam sensus penduduk 202o, saya juga menginstruksikan seluruh pimpinan OPD dan para Camat di Kabupaten Majene untuk menghimbau jajaran dibawahnya untuk menyukseskan kegiatan ini ” ucapnya.

 

Kepala BPS Majene  Syihabuddinmenjelaskan Kegiatan SP 2020 merupakan lanjutan yang baru dilaksanakan pada tahun 2022.  Berupa pendataan long form yang dimulai dari perencanaan pelaksanaan pendataan Short Form dan Long Form pada tahun 2018. Hingga pembatalan pelaksanaan pendataan longform di 2021, akibat refocusing anggaran.

Tujuan pendataan long form, katanya untuk memperkirakan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk.  Juga untuk memperoleh data untuk perhitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, dan migrasi),  serta sumber data dari indikator angka kematian ibu. Data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk,  menyediakan data karakterisitk penduduk dan perumahanya serta sumber data dari indikator  kependudukan untuk SDGs yang tidak  dapat diperoleh dari  sumber lain.

Sensus penduduk akan dilakukan pada Mei sampai Juni 2022. Koresponden akan mendapatkan 83 pertanyaan yang berisi variabel yang dibutuhkan BPS yaitu individu  13 Pertanyaan, fertilitas dan mortalitas 22 pertanyaan, migrasi/mobilitas 18 pertanyaan, disabilitas 11 pertanyaan, pendidikan dan komunikasi 4 pertanyaan, perumahan 10 pertanyaan, dan  ketenagakerjaan 5 pertanyaan.

 

 

🔥11

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here