Inovasi Dishub. Majene dalam meningkatkan PAD
Apa itu “Rumaja dan Rumija” ?

Rapat staf kembali digelar oleh jajaran Dinas Perhubungan Majene, bertempat di Aula kantor Dinas Perhubungan Majene Selasa 14/06/2022.
Rapat yang dipimpin oleh Kadis. Perhubungan Ahmadiah dan diikuti Sekretaris Dinas, para Kepala bidang, Kepala seksi, Kepala UPTD dan staf di lingkup Dishub. Majene.

Selain membahas berbagai masalah internal juga Kadis. Perhubungan Ahmadiah kembali menekankan tentang SOP masing masing personil, pengantaran jamaah haji asal Kab. Majene dan yang lebih utama adalah terkait target pendapatan yang harus tetap digenjot oleh semua personil di Dishub.

Salah satu keluhan masyarakat yang disampaikan oleh Ahmadiah adalah maraknya sekarang peminta minta didepan toko retail dan kantor perbankan yang ternyata dilakoni oleh tukang becak itu sendiri, fenomena yang terjadi dewasa ini karena mereka sudah sangat kekurangan penumpang. Ahmadiah berharap kedepannya agar terminal dalam kota dapat difungsikan kembali, mobil angkutan kota supaya dapat menurunkan penumpang di terminal, sehingga para saudara kita yang berprofesi sebagai tukang becak dan tukang ojek dapat memperoleh penumpang, dan perputaran perekonomian kita didaerah dapat juga meningkat.

Sekaitan peningkatan PAD sektor perparkiran, Kadis. Perhubungan Majene Ahmadiah telah mengusulkan ke Bupati Majene untuk dibuatkan Perbup. Nomor 23 tahun 2021 tanggal 2 September 2021, Terkait dengan “Parkir Langganan” bagi semua Pejabat dan PNS se Kab. Majene, dan Alhamdulillah sudah ditanda tangani oleh Bupati Majene pada tahun 2021 kemarin.

Inovasi yang dilakukan adalah membagikan “Sticker Parkir” terusan berlaku sebulan kepada semua Pejabat dan PNS Pemkab. Majene, dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, yaitu untuk kendaraan roda empat setiap bulannya dihargai 30.000 rupiah, dan untuk kendaraan roda dua dihargai 20.000 rupiah.

Sticker Parkir ini akan coba disosialisasikan dalam waktu dekat ini, sebelum diberlakukan secara massif. Ini juga menjadi salah satu kontribusi semua PNS Majene kepada Daerah.

Jadi bila sudah mempunyai sticker langganan yang dipasang dimobil ataupun dimotornya, sudah tidak akan ditagih biaya parkir lagi bila pergi berbelanja dimana saja diwilayah Kab. Majene.

Inovasi selanjutnya adalah menerbitkan Peraturan Bupati No. 25 Tahun 2021 tanggal 12 Juli 2021, tentang izin, rekomendasi dan dispensasi pemanfaatan bagian jalan.
Ini yang mengatur tentang pemasangan tenda yang menutup sebahagian atau semua badan jalan, termasuk penggunaan badan jalan untuk penempatan bahan bangunan.
Atau dalam istilah kerennya yaitu “Rumaja” Ruang Manfaat Jalan dan “Rumija” Ruang Milik Jalan.

Selama ini bila ada warga yang mengadakan hajatan dan menutup jalan, maka Dinas Perhubungan hanya mengeluarkan rekomendasi untuk diteruskan ke pihak Kepolisian untuk menerbitkan izinnya.
Terkait hal tersebut diatas akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada semua masyarakat di Kab. Majene pungkas Ahmadiah.

by Fyan Ilbas

🔥24

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here