dPencanagan Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Bambangan Majene.

Desa Bambangan Kecamatan Malunda Kabupaten Majene dicanangkan sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB). Hal tersebut merupakan upaya untuk mempersiapkan komunitas/kelompok tanggap bencana yang bersumber dari masyarakat mengingat Sulawesi Barat khususnya Majene merupakan salah satu daerah yang rawan bencana.

Pembentukan KSB tersebut merupakan hasil fasilitasi Anggota DPR RI H. Arwan M. Aras bersama Kementerian Sosial RI. Pengukuhan KSB yang dilaksanakan
diLapangan Sepak Bola Desa Bambangan, Kecamatan Malunda juga dirangkaikan dengan Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Penanggulangan Bencana dilaksanakan pada Rabu 15 Juni 2022. Bertindak sebagai Inspektur Apel Siaga Sekretarsi Daerah Kabupaten Majene Ardiyansah yang dilanjutkan dengan pembacaaan ikrar pengurus KSB Tasinara.


H. Arwan M. Aras saat berharap KSB ini membawa manfaat bagi masyarakat sekitar dan menjadi inspirasi untuk daerah lain untuk mempersiapkan taruna-taruna siaga bencana sebagai garda terdepan dalam membantu masyarakat saat terjadi bencana.” Saya ingatkan kepada semua pihak, jangan kendorkan kewaspadaan bencana,” ujar Arwan Aras.

ia juga mengigatkan tugas dan tanggungjawab Pengurus KSB, mulai dari sosialisasi, penyuluhan, atau kegiatan penyadaran masyarakat tentang bahaya bencana, menyiapkan sistem peringatan dini bencana di tingkat lokal, melakukan pendataan dan pemetaan daerah rawan bencana lokal termasuk jalur evakuasi, menginventarisasi potensi dan sumber daya yang ada di wilayah rawan bencana, membuat lumbung bencana sebagai kesiapan logistik tingkat lokal.

Arwan Aras juga menyerahkan secara simbolis bantuan Lumbung Sosial dari Direktorat PSKBA Kemensos kepada Pengurus KSB Tasinara sejumlah Rp. 133.311.270 didampingi oleh para pejabat yang hadir.

Sementara itu Sekretaris Provinsi Sulbar yang juga hadir mengatakan bahwa Sulawesi Barat adalah daerah yang potensi kebencanaannya tertinggi secara nasional. Sehingga perlu perhatian semua pihak dan Pemprov juga terus melakukan terobosan untuk memberikan dukungan dan perhatian lebih pada upaya penanggulangan bencana di masa yang akan datang.

“Terima kasih kepada Bapak Arwan Aras atas inisiatif nya menggelar kegiatan ini. Pemprov Sulbar juga akan terus memberikan dukungan maksimal pada pendanaan penanggulangan bencana dengan potensi APBD yang ada, saya juga mengingatkan supaya daerah-daerah yang rawan terisolir jika terjadi bencana supaya memiliki lapangan yang memungkinkan untuk helikopter mendarat, sehingga memudahkan penyaluran bantuan secara cepat,” paparnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebuat Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat Bapak Drs. H. Amir Maricar, MM, Kapolres Majene,Dandim 1401 Majene Bapak Letkol Inf. Ricad Harisab, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Majene/, Camat Malunda Salahuddin, Kepala Desa Se-Kecamatan Malunda, para Ulama, Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Kepemudaan, Pekerja Sosial, TAGANA, BPBD, dan tamu lainnya.

Sementara dari rombongan Kemensos RI dipimpin oleh Ibu Tota Oceanna Z selaku Subkor Mitigasi / Peksos Ahli Muda.

🔥26

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here