Kampung KB Mario Siola Ola Desa Lalatedzong Wakili Majene ke Tingkat Nasional

0
104

“Kampung KB Mario Siola Ola
Desa Lalatedzong Kec. Sendana Kab. Majene berhak mewakili Prov. Sulbar ke tingkat Nasional”

Berdasarkan hasil verifikasi langsung di Kampung Keluarga Berkualitas serta melalui laporan online pada website “kampungkb.bkkbn.go.id” maka Tim Penilai dari BKKBN Pusat dan Perwakilan BKKBN Sulbar menetapkan pemenang Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) terbaik.

Alhamdulillah Perwakilan Kab. Majene yaitu Kampung KB “Mario Siola Ola” Desa Lalatedzong Sendana keluar sebagai terbaik pertama, dengan mangantongi nilai tertinggi 3,58 dari semua Kampung KB se Sulawesi Barat, sementara ditempat kedua diraih oleh Kampung KB Kalukku Barat Kab. Mamuju dan terbaik ketiga diraih oleh Kampung KB Birbon Manding Kab. Polman.

Hasil pengumuman resmi tersebut diterima oleh Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Majene (DPPKB) dr. Hj. Wahida pada tanggal 15/6/2022, setelah melalui tahap penilaian langsung pada tanggal 31/5/2022.

dr. Wahida menyampaikan ada beberapa indikator penilaian yang di verifikasi pada Lomba Kampung KB ini yaitu Indikator penilaian pada input, proses, dan output.
“Input itu lebih kepada administrasi seperti SK, dana yang digunakan dari mana dan sebagainya. Lalu, untuk proses apakah di setiap kegiatan berjalan apa tidak, ada dokumentasinya atau tidak, siapa saja yang terlibat. Setelah itu, outputnya ada atau tidak kelanjutan dari setiap program yang dibuat,” lanjutnya.

Kadis. PP & KB dr. Wahida menyampaikan bahwa kampung KB menjadi ikon program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang memiliki keterpaduan program dengan berbagai stakeholder terkait dengan harapan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, juga kampung KB dapat dijadikan wadah dalam menggalakkan program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter Bangsa Indonesia yang secara optimal mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga. dr. Wahida juga berharap semua kampung KB di Kab. Majene dapat berkembang sesuai dengan identitas masing-masing kampung.

Tak lupa dr. Wahida menyampaikan terima kasih sebesar besarnya kepada Kepala Desa Lalatedzong, Bapak Ridwan Maruseng yang telah berjuang bersama warganya dalam menyambut dan mempersiapkan penilaian tersebut, juga kepada Pemerintah Kec. Sendana dan Pemerintah Kab. Majene dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati dan Sekda yang selalu memberikan arahan dan petunjuk menjelang masa penilaian.
serta kepada Ketua TP. PKK Kab. Majene, TP. PKK. Kec. Sendana dan TP. PKK Desa Lalatedzong.

Keberhasilan ini dapat diraih berkat kerjasama yang baik dengan para penyuluh KB di lapangan, Kepala UPTD KB dan jajarannya serta Sekretariat dan bidang-bidang di DPPKB Majene, tanpa itu semua sulit kita raih yang namanya peringkat terbaik.

“Kalau untuk juara, bukan jadi tujuan utama. Itu hanya bonus saja. Yang utama adalah seluruh warga bisa mendapatkan manfaat yang sebesa-besarnya dengan keberadaan Kampung KB ini yang berujung pada peningkatan kesejahteraan warga di Kampung KB tersebut harapnya.

Ditempat terpisah Kepala Desa Lalatedzong Ridwan Maruseng menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas PP & KB Majene yang telah membina selama ini, terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Daerah yang selalu memberika support dan dukungan, dan yang paling utama adalah terima kasih kepada seluruh warga Desa Lalattedzong yang sangat membantu dalam mempersiapkan semuanya. Selaku Kades Lalattedzong Ridwan berharap kedepannya akan lebih ditingkatkan lagi prestasi yang telah diraih saat ini dan tetap ada sinergitas dengan instansi terkait lainnya.

By fyan Ilbas

🔥22

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here