Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I ( 7 Paket ) Tahun 2022

Wakil Bupati Majene Arismunandar kembali membuka kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I (7 Paket) Tahun 2022 yang dilaksanakan UPTD BLK Kabupaten Majene 15 Juli 2022. Sebanyak 96 orang  peserta ikut dalam pelatihan tersebut, bukan hanya dari Sulawesi barat tapi juga dari Sulawesi Selatan. Berbagai program pelatihan yang diajarkan seperti penjahitan pakaian lewat mesin, pengoprasian komputer, service motor otomotif, penyuluhan teknik las, service hp dan lainnya.

Arismunandar  berterima kasih kepada pihak Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Makassar yang kembali memberikan kepercayaan kepada Majene dalam pelaksanaan pelatihan peningkatan kapastias SDM. Pelatihan tersebut sangat dibutuhkan, untuk memberikan kemampuan yang lebih, mengingat saat ini untuk mendapatkan pekerjaan membutuhkan spesifikasi, dan  skill yang khusus. Dari hal itu, akan bisa membantu perekonomian dimasyarakat khususnya dalam menjalani kehiduan sehari hari. Ia berharap, para peserta pelatihan bisa mencotoh etos kerja warga Jepang yang sangat luar bisa. “  lihat etos kerja orang jepang, sangat luar biasa, lebih baik kita capek bekerja dari pada cuma capek bergaya, setelah mengikuti pelatihan ini, jangan ditinggal begitu saja, cari koneksi dan buka peluang usaha “ ucap Aris.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kabupaten Majene Hasdinar Asri mengatakan, dari pelatihan tersebut diharapkan akan mampu mencetak masyarakat Majene khususnya anaka muda, menjadi tenaga kerja yang handal dan memiliki kompetensi. Mantan Kepala Bapenda tersebut menyebukan di tahun 2021 jumlah pengangguran di Majene mencapai 4.160, sehingga diharapkan setiap 100 orang tenaga kerja yang diberikan pelatihan akan mengunrangi penganguran. Meski demikian, penambahan lapangan kerja tersebut, masih belum berbanding lurus dengan penurunan tingkat kemiskinan. Padahal idealnya, jika terbukanya lapngan kerja akan turut di ikuti penurunan kemiskinan di Majene. “ itu semua karna kompetensi yang pas pasan,  usahanya  untuk diri sendiri, tidak ada nilai tambah khususnya dalam membuka lapangan kerja untuk orang lain “ sebutnya.

Sementara untuk Tahun 2022 UPTD BLK Majene diberikan amanah dari BBPVP Makassar untuk menggelar 14 paket kegiatan yang telah di bagi masing-masing dalam 7 paket kegiatan untuk tahap I dan II.  

🔥90

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here