Pagelaran Messawe Saeyyang Pattu’du Akan Jadi Agenda Rutin di HJM

0
82

Pagelaran Messawe Saeyyang Pattudu Pemerintah Kabupaten Majene Tahun 2022.

Melihat animo masyarakat serta upaya pelestarian budaya di Bumi Assamalewuang, Pemerintah Kabupaten Majene bajal menjadikan Pagelaran Messawe Saeyyang Pattu’du menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Hal ini disampaikan Bupati Majene Andi Achmad Syukri Tammalele saat membuka kegiatan tersebut Kamis 11 Agustus pagi di pelataran panggung utama di Stadion Prasamya Mandar. Bahkan tidak cuma itu, Andi Syukri juga telah mengintruksikan kepada OPD terkait untuk mengusulkan Pagelaran Messawe Saeeyang Pattudu sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke Kementrian Hukum dan Ham.
Kegiatan tersebut akan menjadi bagian dari Hari Jadi Majene (HJM) dan akan di promosikan secara masif ke seluruh nusantara. Ia berharap seluruh pihak akan mendukung mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga stakeholder terkait.”ini momentum yang sangat baik melestarikan kekayaan kebudayaan Mandar lita pembolongatta, kekayaan luar biasa yang bisa menjadi ikon budaya ” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Panitia Pelaksana Sekertaris Disbudpar Majene Afiat Mulwan, selain dijadikan agenda rutin, konsep acara ditahun tahun yang akan datang akan digelar lebih besar lagi. ” ini akan menjadi ikon pariwisata unggulan di Majene karna menjadi magnet kunjungan, tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan dan mempromosikan memang ada di Disbudpar tapi keterlibatan seluruh pihak sangat di butuhkan” ujarnya.

Perayaan Messawe Saeyyang Pattu’du tersebut di ikuti 90 an kuda dan 32 Bendi. Bupati Majene, Wakil Bupati, Sekertaris Daerah, kepala Rutan Majene, para Camat, Lurah dan kades se Kabupaten Majene masing masing menunggangi kuda atau messawe. Sementara Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DWP dan tiap tiap Pimpinan OPD serta para kabag mengunakan bendi yang di khias semeriah mungkin.

Disepanjang rute yang di lalui, disambut dengan antusias oleh masyarakat . Terlebih banyak kuda kuda pattudu berikut parrawana memberikan atraksi yang sangat menarik, sehingga menimbulkan banyak kehebohan dan histeris para penonton.

Sebelumnya juga, Bupati Majene menyerahkan ratusan bendera merah putih ke kecamatan untuk mendukung pelaksanaan gerakan 10 Juta bendera merah putih oleh Kementerian Dalam Negeri.










🔥58

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here