Pelatihan Penggunaan IT Pengurus TP PKK Desa & Kelurahan se Kab Majene.

Era teknologi informasi saat ini, membuat siapapun sangat tertarik untuk memiliki alat komunikasi semisal smartphone, Tablet dan sebagainya. Media social dan juga fasilitas lain yang memudahkan pekerjaan seseorang, seolah mewajibkan kita harus memiliki benda tersebut. Hanya saja kesadaran dan semangat untuk memiliki alat komunikasi yang canggih juga harus di barengi pemahaman akan ketersedian instrumen pendukung lainya.

Wakil Bupati Majene Lukman saat membuka pelatihan penggunaan IT Pengurus TP PKK Desa & Kelurahan Se Kab Majene 1 April kemarin, sempat bercerita kisah seorang bapak usai mengikuti pelatihan IT dan sangat bersemangat untuk membeli Smarphone untuk mengaplikasikan ilmu baru yang ia terima. Lukman mengatakan saat sang bapak mencoba mengoprasikan alat komunikasi tersebut, sejumlah petunjuk registrasi dan simbol – simbol IT yang ada didalamnya membuat sang bapak kebingungan. Perintah yang ia dengarkan melalui pesan suara mengharuskan pengguna menekan tanda pagar/hashtag. Namun apa yang terjadi kata Lukman, sang bapak justru kedepan pagar rumahnya dan menekan pagar rumahnya. Tentu usaha sang bapak tidak berhasil sama sekali. Tak patah arang, sang bapak pun kembali berusaha mencaritahu melalui temanya, namun celakanya sang teman pun justru mengalami hal serupa.” Kita itu mending pak, saya malah diperintahkan menekan bintang, mana bisa kita tekan bintang karna jauh sekali di langit ” ujar Lukman yang di sambut gelak tawa para peserta pelatihan IT. Cerita tersebut kata Lukman menunjukan kepada kita bahwa perangkat canggih tidak akan berarti tanpa komponen lain sebagai pendukung pengoprasianya dan bagi yang akan memanfaatkanya, setidaknya harus mengetahui seperti apa dasar penggunaanya.

Selain mengapresiasi kegiatan tersebut, ia berharap agar tiap ibu – ibu PKK yang mengikuti pelatihan IT ini harus mengerti bagaimana memaksimalkan alat teknologi informasi. hal tersebut akan berguna tidak hanya kepada individu namun juga kepentingan organisasi. Selain itu Mantan Wakil Ketua DPRD kab Majene ini juga mengusulkan, agar tiap pengurus PKK dari kecamatan. Kelurahan dan desa setidaknya memiliki handphone yang berbasis Android. Hal ini akan memudahkan kinerja pengurus PKK kedepannya.” Bisa di usulkan pengadaan Handphone Android di pos anggaran masing-masing, karna ini memang sangat perlu” terangnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Majene Fatmawati Fahmi mengatakan kegiatan pelatihan ini sudah dua kali dilaksanakan. Selain mengenalkan pentingnya penguasaan IT dan pengoprasian komputer juga akan memudahkan penataan arsip – arsip dokumen PKK secara elektronik “ ibu ibu PKK harus mengerti dan terampil menggunakan IT, kita tidak boleh ketinggalan jangan hanya ASN yang bisa” kata Fatmawati.

Acara pelatihan ini juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majene. Peserta yang  ikut dan aktif  mencapai 105 orang yang terdiri dari pengurus TP PKK desa dan kelurahan di Majene.

 

🔥5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here