Pencanangan Musrenbang Desa Tahun 2017 Untuk Penyusunan RKPDESA Tahun 2018.

Untuk mengcover kebutuhan masyarakat sekaligus mewujudkan peningkatan taraf hidup masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Majene membahas pencanangan musrenbang desa. Pencanagan Musrenbang Desa untuk penyusunan RKPDESA dialaksanakan oleh Dinas PMD kab Majene 1 agustus 2017, bertempat di ruang pola kantr Bupati Majene.  Hadir dalam kegiatan tersebut, Staf ahli bidang pemerintahan hukum dan ham, kepala OPD se Kabupaten Majene, para Camat – Kepala Desa se Kab Majene, Tim P3MD, Fasilitator GSC, Pamsimas fasilitator Bangun Mandar.

Menurut Bupati Majene Fahmi Massiara pertemuan hari ini sebagai langkah awal untuk merancang langkah memulai perencanaan pembangunan tahunan yang dimulai dari desa yang di harapkan dapat menyusun program kegiatan yang lebih inovatif. Apalagi kata Fahmi kemampuan APBD Majene cukup terbatas, sehingga tidak semua program kegiatan yang di usulkan oleh masyarakatsetiap tahunya melalui musrenbang dapat di akomodir melalui APBD. “ APBD kita ini kan terbatas, untuk itu saya harap pemerintah desa melalui sumber pendanaan alokasi dana desa maupun dana desa dari APBN lebih di optimalkan sesuai  pentunjuk pengguna anggaran” jelasnya.

Fahmi juga berharap agar kepala OPD berperan aktif melakukan komunikasi terhadap pemerintah desa untuk sinkronisasi perencanaan pembangunan antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada lagi kegiatan yang tumpang tindih sekaligus mencapai target – target pembangunan dengan dukungan APBD desa. Kepala Desa juga di harapkan dapat lebih kreatif melihat kondisi dan potensi yang ada di desa, untuk selanjutkan membuat program kegiatan berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah desa. Dari kesepakatan itu akan melahirkan rencana kerja pemerintah desa (RKPDesa).

Sejak ditetapkanya undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, siklus waktu pelaksanaan perencanaan pembangunan di desa mengalami pergeseran dimana sebelum tahun 2015 musrenbang desa bersamaan dilaksanakan dengan siklus tahapan perencanaan pembangunan daerah pada bulan januari hingga februari tahun berjalan. Olehnya itu berdasarkan peraturan menteri dalam negri nomor 114 tahun 2015 terkait pedomana pembangunan desa, akan di mulai pada juli hingga september tahun berjalan.

🔥177

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here