Malam Anugrah Pustaka Tahun 2018

Setelah menyelesaikan beberapa tahapan lomba bercerita untuk tingkat SD/MI sederajat tahun 2018, Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Kabupaten Majene akhirnya mengumumkan para jawara lomba bercerita pada malam anugrah pustaka tahun 2018 yang dihelat kamis 6 April 2018 di gedung Assamalewuang.  Keluar sebagai juara pertama  Gadies Saqina Fahri asal SD negri 3 Tinambung Pamboang, juara dua Nabila Aulya Nuhiddin dari SDN 26 Inpres Pakkola Banggae dan Juara ke tiga Rahmani SDN no 2 Apoang Sendana.

Untuk harapan lima SD negeri 38 inpres pangaleroang kecamatan Tammero’do, harapan empat Sriwahyuna asal  Kabiaraan Ulumanda, hatapan tiga muh Rifki dari SD 46 Tubo Sendana, harapan dua Khusnul Khotima SD Malunda dan harapan satu Andi Salsabila dari SD 2 Kampung baru.

Menurut dewan juri Muh Ishaq setiap penampil harus mampu menunjukan elemen dalam bercerita. Terutama unsur ekspresi dan memahami diksi dan pengucapan katanta yang harus jelas. “ harus jelas artinya, pengucapan vocal, tadi beberapa penampil ada yang bebrapa yang kurang terdengar , jadi bunyinya harus keras, bukan keras marah tapi memiliki makna bahwa segala aspek bisa memhami ada unsur yaitu, penekanan tempo dan dinamika” terangnya.

Sementara itu Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan dengan kegiatan literasi yang dilakukan Dinas perpustakaan dan kerasipan telah memberikan manfaat yang besar khususnya dalam memacu minat membaca dan belajar, terlebih dengan berbagai pesatnya dinamika perkembangan dimasyarakat. Fahmi mengatakan,  program tersebut selain akan mencerdaskan masyarakat, juga akan mampu mengembangkan potensi perpustaakaan yang ada di sekolah.”  semoga kegiatan ini terus menerus bisa berkesinambungan dan peserta dari kabupaten Majene bisa mengukir prestasi yang tinggi di provinsi dan tingkat nasional” Jelas Fahmi.

Sebelumnya kepala dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Majene Andi Pawilloi  menyebutkan ada delapan kecamatan yang ikut berpartisipasi. Diantaranya kecamatan  Banggae Timur dengan jumlah 14 anak dari 9 sekolah. Kecamatan Banggae terdiri dari  14 anak dari 8 sekolah, kecamatan Pamboang terdiri dari 13 anak  dari 11 sekolah, Sendana terdiri dari 5  anak  dari 4 sekolah, kecamatan Tammerodo 11 anak dari 8 sekolah, Tubo Sendana 10 anak dari 7 sekolah, Ulumanda 6 anak dari 3 sekolah dan kecamatan Malunda terdiri dari 6 anak dari 4 sekolah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut kadis perpustakaan kearsipan provinsi Sulbar, ketua TP PKK Majene dan beberapa pejabat pemerintah kabupaten Majene.

 

🔥26

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here