Pelatihan  Penggunaan Konten Website Humas Pemerintah Kabupaten Majene dan Penulisan Berita Press Release Bagi Petugas Informasi Dokumenrasi OPD se Kabupaten Majene Tahun 2018.

Puluhan petugas informasi perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah Majene diberikan pelatihan penggunaan konten website humas pemerintah kabupaten Majene dan penulisan berita / press release, kamis 2 Agustus 2018 di ruang pola kantor bupati. Kegiatan itu merupakan rancangan proyek perubahan oleh reformer diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan III proyek perubahan Insyiah Syamti, dengan tema “pesan si nanda lintas pemerintah kabupaten Majene” melalui penyebarluasan informasi pembangunan daerah melalui konten website humas pemerintah kabupaten Majene.

Reformer  diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan III proyek perubahan Insyiah Syamti dalam laporanya mengatakan, tujuan pelaksanaan pelatihan untuk menghasilkan tenaga profesional pada setiap OPD untuk mempublikasikan kegiatan pembangunan daerah yang menjadi cakupan kerjanya. “ kita menginginkan adanya peningkatan pelayanan infromasi kepada masyarakat, sekaligus akan memudahkan masyarakat memperoleh informasi serta terciptanya layanan informasi yang cepat, akurat dan faktual’’ terangnya.

 

Bupati Majene Fahmi Massiara yang membuka kegiatan itu, mengatakan pelayanan inormasi melalui teknologi komunikasi merupakan keharusan demi pemerintahan yang akuntabel dan transparan. Pemerintah sebagai salah satu sumber utama pemberitaan, sekaligus penyedia informasi, selayaknya tidak menunggu media massa melakukan publikasi, namun mampu membuat arsitektur pemberitaanya sendiri seperti  yang dibutuhkan masyarakat. Kata Fahmi,  media massa tentu tidak akan mampu mengcover seluruh kegiatan pemerintahan,  selain itu mereka juga  terikat pada konsep nilai berita saat memandang suatu isu. Seharusnya menulis berita dan menyebarluaskanya bukan lagi, hanya menjadi tugas para wartawan atau bahkan pekerjaan (humas) di pemerintahan saja, tapi seharusnya setiap aparat pemerintahan mamiliki skill yang sama layaknya pewarta. “kita berkewajiban memberikan informasi yang benar, akurat juga cepat kepada masyarakat namun juga menjadi penyeimbang sekaligus mampu meminimalisir kesimpangsiuran informasi,  itulah mengapa keberadaan petugas informasi di tiap instansi sangat urgen” jelas Fahmi.

Selain di hadiri para petugas informasi, acara tersebut juga di hadiri sekertaris daerah Majene Arifuddin, kepala BPD Sulbar dan para pimpinan OPD  Majene.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here