Kampanye unggulan Kementrian PPPA, Three Ends merupakan upaya untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan orang, dan mengakhiri kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan dengan simbol 3 jari. Setelah daerah lainya di Indonesia, kampaye tersebut juga di suarakan di Provinsi Sulawesi Barat yang dipusatkan di Kabupaten Majene di halaman gedung Assamalewuang 9 agustus 2018.

Kampanye Three Ends di Sulawesi Barat ini, dilaksanakan oleh  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Sulbar yang bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) kabupaten Majene melalui Bidang PHP, PKA dan PHA juga SATGAS PPA Majene.

Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan, pemerintah Majene akan terus berkomitemen untuk menciptakan kondisi yang layak bagi perempuan dan anak. Pada prinsipnya, kata Fahmi Majene merupakan daerah yang cukup kondusif untuk isu-isu kekerasan tersebut. Bahkan untuk menekan upaya perdagangan manusia dan pekerja ilegal di luar negri, pihaknya juga berupaya membantu proses  administrasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebijakan yang berlaku di negara tersebut.” Majene akan siap mengikuti ketentuan untuk menekan kekerasan perempuan dan anak di Sulbar, kita telah membentuk pelayanan konsultatif untuk menangani kekerasan tersebut” jelas Fahmi.

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar sempat bertanya kepada anak-anak sekolah yang memeriahkan acara tersebut, apakah mereka masih mendapat kekerasan di rumah atau tidak. Pertanyaan tersebut kemudian dijawab tidak oleh anak-anak tersebut. Mendengar hal tersebut, Ali Baal mengatakan bahwa masyarakat Mandar sejak dahulu berfikir maju. Konsep sibali parri dalam keluarga di Mandar, yang mana tidak ada sekat antara laki-laki untuk mencari nafkah. “ masing-masing sudah mencari nafkah, laki laki pergi melaut, dan para istri berdagang atau menenun sutera dirumah, jadi yang lebih maju kita dari pada barat, cuman mereka lebih maju dalam pendidikan dan teknologi” terang mantan bupati dua periode ini.

 

Hadir dalam acara tersebut anggota DPR RI Komisi 8 Andi Ruskiati Ali Baal, Wakil Bupati Majene, KAPOLRES Majene, DANDIM Majene (di wakili), Kepala OPD yang terkait, Media Massa, LSM dan tokoh Masyarakat.

Acara kampanye Theree Ends tersebut, juga di isi dengan acara hiburan yang dimeriahkan oleh Anak Forum PPA Kab.Majene, siswa-siswi SMA/SMK, SMP, SD dan TK. Diawal acara, penampilan sanggar Kaka’u untuk tarian penyambutan, dilanjutkan penampilan dari SMP Negeri 3 yang rencananya akan mewakili Sulawesi Barat ke Bangkabelitung.

Alumni Anak Forum PPA Nasional (Sul-Bar) dari Kab.Majene, Amar & Aiman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here