Konsultasi Publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup Rencana Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Majene menggelar konsultasi publik analisis mengenai dampak lingkungan hidup, terkait rencana pembangunan pembangkit tenaga bayu dengan Kapasitas 70 MW. Konsultasi publik di laksanakan di lokasi Dapur Mandar kecamatan Pamboang 14 agustus 2018.

Berdasarkan studi awal, kabupaten Majene memiliki potensi PLTB sebesar 60-70 MW.  Dimana listrik yang dihasilkan akan dihubungkan pada jaringan transmisi listrik milik PLN dan di harapkan dapat berkontribusi dalam penyediaan listrik dan menunjang kebutuhan energi listrik untuk masyarakat setempat, yang dapat meningkatkan proporsi bauran enegri terbarukan di wilayah sistem Sulselbar.

Sebelumnya, ekuoenergy telah melakukan pra studi kelayakan untuk mengidentifisikan lokasi-lokasi di Indonesia yang memiliki potensi cukup besar untuk mengembangkan PLTB dan salah satunya di Provinsi sulawesi Barat.  Untuk Lokus PLTB  di kabupaten Majene meliputi dua kecamatan yakni kecamatan Banggae, meliputi kelurahan  totoli, kelurahan rangas, desa Pamboborang dan desa soreang Palipi. Sementara Kecamatan Pamboang meliputi desa Bonde dan desa Buttu Pamboang.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang turut hadir mengatakan lokasi tersebut memiliki rata – rata kecepatan angin yang tinggi, khususnya pada ketinggian 80 meter diatas permukaan tanah.  Jarak yang dekat dengan gardu induk dan jaringan transmisi milik  PLN serta akses yang cukup memungkinkan untuk mentransportasikan  komponen turbin angin, karena dekat dengan pelabuhan besar, sehingga di harapkan menigkatnya pertumbuhan ekonomi dari masyarakat sekitar. “ semoga rencana pembangunan PLTB  di kecamatan Pamboang akan berjalan dengan baik, dan tidak ada masalah yang timbul di kemudian hari” terangnya.

Hadir dalam acara tersebut Sekertaris Daerah Kab Majene, Asisten II Bidang Pembangunan, Kepala OPD terkait, Camat Pamboang dan Banggae, para Lurah dan kepala Dusun se kecamatan Banggae, Pamboang dan  para tokoh masyarakat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here