Focus Group Discussion (FGD) Eksplorasi dan Identifikasi Masalah Terkait Konvergensi & Efektifitas Intervensi Spesifik dan Sensitif Sebagai Persiapan Pelaksanaan Studi longitudinal Penanganan Stunting Kabupaten Majene.

Pemerintah Kabupaten Majene  berupaya keras untuk melakukan inovasi dalam penanganan masalah stunting,  yang hingga  saat ini Majene masih menduduki peringkat ke dua  untuk Kab/Kota se Indonesia untuk darurat stunting. Salah satu upaya taktis yang akan dilakukan, yakni bekerjasama dengan pihak FKM Unhas  untuk melaksanakan study longitudinal penanganan stunting yang terfokus pada 10 desa lokus nasional.

Sebagai langkah awal, Bappeda Majene melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) selama dua hari,  15-16 Mei 2019 bertempat di ruang rapat Bapeda Majene. FGD tersebut untuk mengidentifikasi masalah terkait konvergensi dan efektifitas intervensi spesifik dan sensitif sebagai persiapan pelaksanaan studi longitudinal penanganan stunting di Kabupaten Majene.

Acara tersebut  dibuka oleh Wakil Bupati Majene Lukman,  ia berharap agar seluruh opd terkait berikut stakeholder lainnya, agar bersungguh – sungguh dan serius dalam penanganan stunting. Selain itu, penanganan stunting dapat terintegrasi dan terakomodir dalam perencanaan dan penganggaran di setiap OPD tekhnis. “ karna tingginya angka stunting, dapat menjadi boomerang bagi kinerja pemerintah daerah” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksankan selama dua hari tersebut, melibatkan banyak pihak.   Pada hari pertama  di hadirkan para Camat , Kepala Desa, Kepala Puskesmas  yang  masuk pada 10 lokus stunting, para pendamping program SPT  PKH, TA PSD P3MD dan PAMSIMAS. Pada hari kedua, di hadirkan  OPD tekhnis, BPS, PDAM, TPPKK, organisasi profesi, akademisi dan pekerja sosial, tim gugus tugas 1000 HPK, penanganan stunting BAPEDA dan DINKES Majene.

Outpunya yang di harapkan, agar semua peserta dapat memberikan masukan dan mendukung langkah konvergensi secara kolaboratif. Khususnya pada pelaksanaan studi longitudinal penanganan stunting yg akan dilakukan oleh pihak tim FKM Unhas pada 10 desa lokus nasional stunting mendatang.

   

🔥108

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here