Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2017 Tingkat Kab Majene, resmi di helat 4 april pagi bertempat di ruang pola kantor bupati Majene. Kegiatan ini dimaksudkan untuk  menyusun rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Majene (RKPD) Tahun 2018, sekaligus menjaring masukan guna mematangkan rencana kerja yang memuat program kegiatan dari hasil forum perangkat daerah  yang juga sesuai arah dan prioritas pembangunan tahun 2018.

Kepala Bapeda Majene Adlina Basharoe mengatakan pelaksanakan musrenbang dilakukan dengan metode sidang pleno.  Pada sidang pertama dilakukan pemaparan pokok fikiran dari hasil reses DPRD dan rapat dengar pendapat sebagai bahan masukan penyusunan RKPD tahun 2018. Salah satu pokok pembahannya ialah pengembangan sektor pendidikan di tahun 2018. Juga dilakukan pemaparan sinergitas program pembanguan  antara provinsi sulbar dan kabupaten Majene. Pada Sidang pleno kedua dilakukan  verifikasi akhir atas rencana kerja perangkat daerah  dan juga  usulan musrenbang dengan  agenda, pemarapan program prioritas yakni pembacaan usulan kegiatan satu milyar di tiap kecamatan  oleh tim pokja.

Peserta yang hadir merupakan undangan dari unsur forkopinda, organisasi perangkat daerah kabupaten Majene, perwakilan desa, kelurahan, kecamatan dan lainya. “ kami menyebar undangan sekitar 242, hampir seluruh nya hadir dalam musrenbang kabupaten ini” terangnya saat memberikan laporan.

Sementara itu Bupati Majene Fahmi Massiara yang membuka kegiatan Musrenbang Kabupaten Majene mengatakan  tingginya jumlah usulan yang masuk, tidak sebanding dengan postur APBD kabupaten Majene. Untuk itu ia berharap setiap keputusan khususnya  penetapan skala program prioritas di masing – masing pokja harus di fikirkan secara matang. Fahmi juga meminta setiap program kerja yang akan di finalkan dalam forum musrenbang kabupaten Majene juga harus sesuai dengan visi misi kabupaten Majene yakni mendorong akselerasi pembangunan menuju Majene Profesional, produktif dan proaktif.

Setelah pelaksanaan Musrenbang Kabupaten ini akan dilanjutkan dengan penetapan hasil RKPD pada Mei nanti.  Setelah itu dilakukan Pembahasan & Kesepakatan KUA antara KDH ddan DPRD dan  Pembahasan & Kesepakatan PPAS antara KDH-DPRD masing – masing di bulan juni. Juli hingga september nanti akan dilaksanakan Penyusunan RKA-SKPD & RAPBD, dilanjutkanPembahasan & Persetujuan Rancangan APBD dgn DPRD dibulan oktober hingga november. Evaluasi Rancangan Perda APBD  ,Penetapan Perda APBD, Penyusunan DPA OPD dan Pelaksanaan APBD Januari Tahun Berikutnya masing – masing akan dilaksanakan pada bulan desember 2017. Sebelumnya juga dilaksanakan penyerahan pokok – pokok fikiran anggota DPRD kabupaten Majene oleh Ketua DPRD Darmansyah kepada Bupati Majene Fahmi Massiara.

🔥101

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here