Pelaksanaan seleksi tilawatil qur’an (STQ) ke VII tingkat provinsi Sulawesi Barat, akan memasuki tahap akhir. Rencananya malam nanti 25 april, STQ secara resmi akan di tutup sekaligus mengumumkan jawara antar kabupaten, yang nantinya akan menjadi duta Sulawesi Barat pada ajang STQ nasional yang akan  digelar pada bulan juli 2017 mendatang di kota Tarakan Kalimantan Timur.

Sebelumnya panitia STQ ke VII tingkat sulbar menyebutkan  ada sekitar 74 peserta dari seluruh kabupaten  yang berpartisipasi. Diantaranya, kabupaten Mamuju 13 orang, Polman 15 orang, Majene 11 orang, Mumuju utara 11 orang, Mamuju tengah 11 orang dan kabupaten Mamasa 13 orang. Ke 74 peserta tersebut, mengikuti  kategori lomba mulai dari cabang musabaqah tilawah tingkat anak anak dan dewasa, hifzhil qur’an golongan satu, lima, sepuluh, duapuluh dan tiga puluh juz, juga tafsir Alquran, bahasa arab serta lomba qasidah rebana.

Sesuai dengan kesepakatan, maka peserta lomba keseluruhan merupakan putra dan putri asli daerah masing – masing. Harapanya agar, selain mendapatkan bibit – bibit baru dan handal di bidang Alquran, pelaksanaan STQ ini juga berjalan dengan jujur dan mengutamakan potensi lokal.” Kita sudah sepakat dengan seluruh panitia STQ di enam kabupaten, bahwa seluruh peserta merupakan putra – putri daerah dan merekalah yang akan mewakili Sulbar di Tarakan nanti” terang Kahar.

Kepala Kantor Kementrian Agama provinsi Sulbar, juga mengatakan selama ini kita masih bertanya dimana generasi Hasan Basri yang mengharumkan Indoensia di kancah Internasional, ada juga qoria’ah Nurhidayah yang menjadi jawara di setiap kategori Tilawah dan juga di segani qoriah-qoriah internasional. Meski saat itu, mereka ikut dalam bendera Sulawesi Selatan, namun mereka menjadi contoh putra – putri daerah yang sangat ideal khususnya dalam memotivasi para qori’dan qori’ah di sulbar.

STQ ke VII tingkat provinsi Sulawesi Barat berlangsung selam tiga hari di Mamuju. STQ di buka oleh Gubernur Sulawesi Barat dalam hal ini di wakilkan kepada Asisten satu bidang pemerintahan Nur Alam Tahir, pada sabtu malam 23 april dan akan di tutup pada senin 25 april 2017.

🔥145

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here