Peringatan Isra’ Mi’raj dan Pencanangan Gerakan Bebas Buta Baca Tulis Alquran (GBBAQ) dan Gerakan Anti Narkoba GANNAR MUI Kab Majene.

Kepala kementrian agama kabupaten Majene menargetkan, tahun 2019 mendatang Majene akan bebas buta baca Alquran.  Hal tersebut merupakan program utama gerakan bebas buta baca tulis Alquran (GBBAQ) yang baru saja di launching 29 april pagi tadi bertepatan perayaan Isra’ Mi’raj pemerintah kabupaten Majene bekerjasama dengan kementrian agama. Menurutnya ada dua hal yang membuat, target tersebut tidak berlebihan. Pertama pemerintah Majene memberikan respon baik dengan siap berkomunikasi lebih lanjut khususnya masalah anggaran yang akan memback up GBBQ. Selain itu Majene merupakan wilayah yang dikenal sebagai gudangnya para ulama, masyarakatnya sangat dekat dengan ulama dan persoalan spiritual lainya. Ia menjelaskan juga, bahwa saat tim Munaqish turun ke madrasah – madrasah respon yang diberikan sangat baik. Saat ini dari total  46 ribu lebih santri dan santriwati di Majene, 70 persen telah selesai di munaqhasah. “masih ada 30 persen lagi yang akan kami munaqasah, atas kerja sama dengan dinas pendidikan, BKMT, LPPTQ  akan memudahkan proses munaqasah, kami yakin 2019 nanti Majene bisa bebas buta aksara “ terangnya saat memberikan laporan.

Bupati Majene Fahmi Massiara kehadiran GBBQ menjadi pijakan awal yang baik dalam rangka pembinaan baca tulis Alquran. Melalui gerakan tersebut diharapkan akan menghasilkan qari’, qori’ah dab hafidzh, hafidzah asli Majene. Fahmi berharap agar gerakan tersebut tidak hanya sebatas nama tanpa kegiatan, untuk itu ia meminta agar seluruh pihak tidak larut dalam seremonial .” sangat dibituhkan sinergitas kita bersama untuk membumikan Alquran melalui bebas buta aksara Alquran” terangnya.

Sebelumnya juga di gelar kirab gerakan bebas buta baca tulis Alquran, yang di ikuti 2000 pelajar dari tingkatan MA ,dan MTS. Kirab digelar dengan berjalan kaki dan atraksi marching band serta rebana oleh para santri. Mereka berjalan kaki dimulai dari pusat kota dan finish di pendopo kantor bupati Majene.  Selain melaunching GBBQ, bupati Majene juga melantik pengurus gerakan anti narkoba (GANNAR) yang terdiri dari pengurus aktif di MUI. Kehadiran GANNAR MUI Majene merupakan penguatan bagi pemerintah dan masyarakat Majene dalam menjadikan narkoba sebagai musuh utama bangsa.

Pada perayaan Isra’ Mi’raj tersebut, Prof Hamdan Juhannis, MA, P.hd yang juga merupakan wakil rektor Universitas Islam Negri (UIN). Hadir dalam acara tersebut, mantan bupati Majene dua periode Kalma Katta, wakil bupati Lukman, Dandim 1401 Majene, para pejabat dilingkup kementrian agama, pimpinan OPD dan lainya.

🔥117

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here