Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 18 Provinsi Sulwesi Barat Tahun 2017

Gubernur Sulawesi Barat Alibaal Masdar mengingatkan para Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 18 provinsi Sulawesi Barat untuk tetap berkonsentrasi beribadah di tanah suci nanti. Seperti menjaga sholat lima waktu di Masjid, ibadah sunnah dan aktifitas lainya. Selain itu pihak keluarga juga di minta memberikan keleluasaan beribadah, mengingat mudahnya saat ini berkomunikasi jarak jauh baik itu melalui telfon seluler atau aplikasi media social.“ saya harap para jemaah haji ini jangan tawaf ditempat lain, kan ada itu sementara ibadah tapi justru ingat tempat yang mau di kunjungi, pihak kelaurga juga jangan selalu menghubungi, kalau tidak ada urusan yang mendesak karna akan menggangu ibadah“ terang mantan bupati Polman dua periode ini saat serah terima JCH kepada panitia pelaksanaan haji embarkasi makassar kamis 10 agustus malam.

Ia juga mengharapkan agar para jemaah Sulbar memperbanyak makan terutama minum. Mengingat kondisi cuaca di Mekkah yang berbeda dengan di tanah air. Menurut informasi suhu di tanah suci mencapai  suhu yang terpanas atau bisa mencapai 40 derajat celcius. Untuk itu Jemaah di sarankan untuk membawa peralatan antisipasi musim panas, seperti payung, tempat air minum, masker dan semprotan air.

Setelah para JCH tiba di asrama sudiang Makassar, satu persatu jamaah menjalani pemeriksaan kesehatan di polikklinik asrama haji embarkasi Makassar. Secara umum keadaan fisik jemaah kloter 18 dalam keadaan layak untuk melaksanakan haji, namun ada beberapa orang yang tetap harus mendapatkan pemantauan khusus dari tim medis.

Wakil Bupati Majene Lukman dan pejabat daerah kabupaten Majene, turut mengantar para jemaah hingga ke asrama embarkasi Makassar. Ia menitip pesan untuk saling menjaga sesama jemaah di tanah suci, khususnya para lansia dan para perempuan.

Sementara itu  Jemaah Calon Haji kloter 18 asal Sulbar mencapai 449 orang, ditambah oleh 12 petugas. Dari jumlah tersebut kuota kabupaten Majene sebanyak 253 orang, Kabupaten Polman 194 orang, Kabupaten Mamasa 3 orang  dan Kabupaten  Mamuju satu orang .

🔥38

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here