Festival Bahari dan Kuliner Tingkat Kabupaten Majene Tahun 2017

Rangkaian acara memperingati hari jadi Majene ke 472 dan HUT proklamasi RI ke 72 masih belum berakhir. Setelah sukses menggelar lomba segitiga sandeq, pentas seni budaya, pawai budaya dan juga pemilihan Tomalolo dan Tomakappa tingkat kab Majene, sabtu 12 agustus 2017, panitia kembali menggelar Festival Kuliner dan Festival Bahari yang berlokasi di pantai wisata Barane.

Acara dimulai dengan lomba perahu katinting atau perahu sandeq yang digerakkan oleh mesin. Para peserta yang berjumlah 20 perahu, start dari pantai labuang kemudian terus ke perairan Tanjung Batu, dilanjutkan lagi ke pantai Dato dan finish di pantai wisata Barane. Meski tinggi gelombang serta angin yang kencang menjadi tantangan yang besar bagi para awak perahu. Namun hal tersebut sama sekali tak menyurutkan nyali para peserta. Mereka yang kelaura sebagai juara pertama diraih  Abdul Rajab (Sinar) dari lingkungan Parapee, juara kedua Amin dari lingkungan Tamo , juara ketiga atas nama Rusli (Nur alam) dari lingkugan parappe. Juara harapan pertama atas nama Udin dari lingkungan Parappe, harapan kedua Ahmad dari lingkungan Baurung dan harapan ketiga di raih Usman juga dari lingkungan Parappe.

Sementara untuk perlombaan kreasi kuliner di ikuti 10 peserta dari pemilik rumah makan, restoran dan cafe di Majene. Mereka yang keluar sebagai juara pertama diantaranya Meja 4 dengan skor  1245, juara kedua diraih meja 3 dengan skor 1235, juara ketiga dari peserta meja 6 dengan skor 1196, juara ke empat diraih meja 5 dengan skor 1190, dan juara kelima di raih oleh meja 2 dengan skor 1940. Masing-masing pemenang mendapatkan trofi, piagam dan uang pembinaan yang diserahlan langsung oleh Bupati Majene, Wakil Bupati Majene, Dandim 1401, Kapolres Majene, Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Kab Majene.

Bupati Majene Fahmi Massiara mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan memperingati HUT Majene ke 472 tahun dan HUT Proklamasi RI ke 72 tahun ini. Menurutnya kegiatan pada tahun jauh lebih meriah dan terdesain dengan baik, semoga ditahun-tahun yang akan datang materi ataupun tema lomba lebih di tingkatkan lagi kualitasnya. Ia juga sempat menyinggung hanya beberapa pejabat saja yang hadir pada kesempatan tersebut. Fahmi mengatakan tahu benar siapa- siapa yang selalu hadir dan selalu terlibat dalam menyemarakkan acara. “ saya sengaja tidak banyak keluar daerah untuk menghadiri kegiatan di bulan agustus yang sangat padat, apalagi ini Hari Jadi Majene dan HUT RI kita harus ikuti , menghormati dan menyabut dengan baik setiap kegiatan” terang nya.

Untuk jadwal kegiatan lainya, seperti ziarah ke makam raja-raja pada tanggal 14 agutus 2017 pada pukul 09.00 di kompleks makam raja – raja dan adat Banggae Ondongan. Kemudian puncak acara prosesi adat Massossor benda-benda pusaka pada tanggal 15 agustus 2017 pada pukul 11.00 samapai selesai di pendopo rujab Bupati Majene.

🔥898

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here