Tanam Padi Upsus  Swasembada Pangan Kerjasama Kodim Dengan Pemerintah Kabupaten Majene .

Desa totolisi kecamatan sendana, juga menjadi salah satu sasaran program tanam padi upsus swasembada pangan hasil kerjasama Kodim dan pemerintah  kabupaten Majene. Pada Minggu 13 agustus kemarin, Bupati Majene, Dandim 1401 dan sejumlah pejabat lainya turun langsung menanam padi di sejumlah areal persawahan warga. Dalam sambutann  ya Bupati Majene Fahmi Massiara mengaku sangat mengapresiasi keterlibatan penuh TNI dalam membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam memaksimalkan potensi hasil pertanian seperti tanam padi tersebut. Selama ini banyak lahan – lahan kritis di Majene yang akhirnya bisa dimaksimalkan kembali salah satunya karna peran TNI selama ini. “ TNI itukan ikut memotivasi memberikan semangat, mungkin kalau tidak ada peran TNI kita cuman akan biasa – biasa saja untuk itu saya sangat mengapresiasi keaktifan TNI sejauh ini” ungkapnya.

Sementara itu Dandim 1401 Infranteri Rahman mengatkan untuk memaksimalkan penanaman padi di Majene masih terhambat oleh ketersediaan air baku. “ saat kami tanam cabai di Lembang kecamatan Banggae Timur, kita juga terkendala air terpaksa kita minta air dari persediaan warga sekitar” terangnya.

Berdasarkan hasil Rakornas 2016 – 2017 terkait target luas tanam (Ha) upaya khusus padi, kabupaten Majene ditarget, tanam panen dan produksi padi seluas 5.494 Ha. Target tersebut di bagi dalam dua periode musim panen, yakni oktober – maret (2016-2017) dengan luas 4.344 Ha dan periode april – september 2017  seluas 1.150 Ha.

Untuk capaian target luas tanam periode oktober maret, realisasi luas tanam di angka 99,35 % atau 4.097 Ha dari target luas tanam 4.124 Ha. Sementara untuk realisasi tanam panen dan produksi jagung periode oktober – maret, telah mencapai 1.809 Ha untuk luas lahan, 1.719 Ha luas panen dan  6.703 ton hasil produksi.

Selain itu kabupaten Majene memiliki enam komoditas tanaman pangan yakni, padi swah, padi ladang, ubi kayu, ubi jalar, jagung, kacang hijau dengan lokasi pengembangan di seluruh kecamatan di kabupaten Majene. Dari tahun 2012 sampai dengan 2016 komoditi padi sawah memiliki jumlah produksi terbesar diantara komoditi lainya.

🔥90

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here