Penghargaan dan Prestasi yang di raih Pemerintah Kabupaten Majene Sepanjang Tahun 2017 diantaranya :

  1. Meraih untuk kedua kalinya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Majene tahun 2016 Oleh Badan Pemeriksa Keungan BPK RI pada 17 Juli 2017.
  2. Penghargaan Pastika Parama Tahun 2017 Sebagai kabupaten dengan Implementasi Kawasan Tanpa Rokok.
  3. Bupati Majene Mendapatkan Penghargaan dari harian Radar Sulbar atas Kontribusi dan Komitmennya dalam mendukung peningkatan akses kesehatan dan pendidikan di Kabupaten Majene tahun 2017, penghargaan ini di serahkan oleh Direktur Utama Harian Radar Sulbar pada Acara Hari Jadi Majene ke 472 , 15 agustus 2017.
  4. Pemerintah Kabupaten Majene menerima Penghargaan Ketiga kalinya Secara Berturut – turut sebagai kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementrian Hukum dan Ham Penghargaan ini diberikan atas upaya konsisten Pemkab Majene dalam membina dan mengembangkan hak hidup, hak Mengembangkan diri, Hak Atas Kesejahteraan, Hak Atas Rasa Aman dan Hak Perempuan Kepada Seluruh Masyarakatnya.
  5. Pemerintah Kabupaten Majene berhasil mendapat Predikat 5 Terbaik Nasional dalam melaksanakan pelayanan pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat hasil penilaian dari Kementrian Desa & PDT. Capaian ini menunjukkan konsistensi pemerintah daerah dalam mengoptimalkan pelayanan pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat.
  6. Bupati Majene Mendapatkan Piagam Penghargaan Oleh BPJS Kesehatan pada November 2016 , yang telah Menjamin Rakyatnya Sehat dan Sejahtera Melalui Integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS.
  7. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Majene,
  • Mendapatkan Penghargaan Penyusunan Terbaik Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup daerah) DIKPLHD yang di serahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi barat Kepada Bupati Majene pada Acara hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Propinsi Sulawesi Barat Pada Tanggal 9 agustus 2017 di Kabupaten Mamuju Tengah.
  • Mendapatkan Adiwiyata (Sekolah Peduli dan berbudaya Lingkungan untuk SMK Negri 3 Majene ) Tingkat nasional pada tahun 2016.
  • Mendapatkan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan tingkat Provinsi pada tahun 2016.
  • Mendapatkan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan SMAN 1 Pamboang untuk tingkat provinsi di tahun 2016.
  • Mendapatkan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan SDN 19 Luaor Tahun 2017
  1. Rumah Sakit Umum daerah (RSUD), Mendapatkan Predikat Akreditasi Tingkat Perdana dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Untuk Tingkat Nasional.
  2. Dinas Kesehatan Kabupaten Majene:
  • Mendapatkan Penghargaan Sebagai Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional pada Tahun 2016 kategori Bidan pada Puskesmas Ulumanda dan pada tahun 2017 juga mendapatkan penghargaan yang sama di kategori Apoteker Teladan pada Puskesmas Sendana 1 untuk Tahun 2017.
  • Mendapatkan Akreditasi Madya Puskesmas Pamboang, yang juga sebagai Puskesmas Pertama yang Terakreditasi se Propinsi Sulawesi Barat Tahun 2017.
  1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene :
  • Juara 1 Lomba Perpustakaan Sekolah SLTA Tingkat Provinsi Sulawesi Barat dan Selanjutnya mewakili Lomba perpustakaan Propinsi Sulawesi Barat ke Tingkat Nasional.
  • Juara II Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi barat.
  • Juara II Lomba Berceita Tingkat SD/MI Sederajat se Provinsi Sulawesi Barat.
  1. Dinas Penanaman Modal dan PTSP mendapatkan sertifikat penghargaan kepada Pimpinan dan aparat Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu KAB Majene Dengan Predikat Kepatuhan Tinggi Sesuai Surat OMBUDSMAN RI Nomor 1612/ORI-SRT/XI/2016 tanggal 24 Nopember 2016 Perihal hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dan Komptensi Penyelenggaraan Sesuai Undang- Undang Nomopr 25 Tahun 2009.

Laporan Capaian Program Kerja OPD Kabupaten Majene

  1. Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan kab Majene dari 18 program kegiatan yang di Anggarkan di Tahun 2017 Persentase keseluruhan mencapai 100 %.
  2. RSUD Majene
  • Untuk laporan kemajuan Fisik dan keuangan Dana Alokasi Khusus (DAK) Triwulan II tahun 2017 realisasi Fisik mencapai 18 % dan Realisasi keuangan 29 %.
  • Laporan program kegiatan Triwulan II Tahun Anggaran 2017, realisasi fisik hingga juni 35 ,33 % dan realisasi keuangan mencapai 33,98 %.
  1. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Majene dari januari – Juli 2017 persentase capaian 85,90 % dengan realisasi fisik 86 %.
  2. Badan Kesatuan bangsa dan Politik melaporkan Realisasi Program kegiatan periode Januari – Agustus 2017.
  • Bidang pengembangan nilai-nilai kebangsaan melalui Sosialisasi Belanegara dan Penanggulangan daerah Konflik dan Sosialisasi Orientasi Pembauran dan Pencerahan Wawasan Kebangsaan bagi organisasi Masyarakat dan Generasi Muda.
  • Bidang Penanganan Konflik , Mastrada dan Sosmaskoba diantaranya Rapat Monitoring dan Evaluasi Komunitas Intelijen daerah, kegiatan Penanganan Konflik Sosial, pelaksanaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Sosialisasi Pencegahan, Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba.
  • Bidang Fasilitasi Suspra dan Infrastruktur Politik diantaranya Verifikasi terhadap bantuan dana parpol dan Ormas, Rapat Koordinasi terkait Perkembangan Politik daerah, pelatihan dan Bimbingan Pengelolaan Pertanggungjawaban Dana Partai Politik dan Sosialisasi TIM Desk Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Gubernur Provinsi Sulawesi Barat.

Catatan :

  • Dari 31 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hanya ada Lima (5) OPD yang melaporkan daftar prestasi atau penghargaan yang diterima ke bagian Humas Setda Majene.
  • 1 OPD melaporkan tidak memiiliki pengahargaan / prestasi dan, 25 OPD yang tanpa keterangan.
  • Untuk Laporan Capaian Program Kegiatan OPD, hanya ada 4 OPD yang melaporkan ke Humas Setda Majene dan selebihnya tanpa keterangan.
  • Surat dikirim pertanggal 8 Agustus 2017 kepada 31 OPD di Kabupaten Majene.

 

🔥278

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here