Meski lokasi pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) tingkat kabupaten Majene yang berpusat di stadion prasamya, sempat di terjang badai dan merusak sejumlah bagunan infrastruktur acara pada jumat dini hari. Namun kondisi tersebut sama sekali tidak mengurangi kemeriahan pelaksanaan program Germas yang di gelar pada pukul 07.00 wita (20/10) . Acara tersebut juga dihadiri gubernur Sulbar Ali Baal Masdar berama Kepala Dinas Kesehatan Sulbar.

Sejumlah kegiatan tetap dilakukan diantaranya penampilan puisi teatrikal tema germas, pelepasan balon udara, senam sehat bersama, kunjungan ke stand pameran yang terdapat di area stadion hingga pelaksanaan donor darah di salah satu stand.

Dalam acara tersebut Bupati Majene Fahmi Massiara juga mengukuhkan Forum Kabupaten Sehat tingkat kabupaten Majene yang terdiri dari perwakilan tiap stakeholder terkait. tugasnya untuk mengembangkan system kesehatan di daerah meliputiĀ  kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan, pembiayaan kesehatan, merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan.

Fahmi mengatakan program nasional Germas tersebut bersinergi dengan visi misi pemerintah daerah majene Majene professional, Proaktif dan Produktif (MP3), khususnya dalam bidang kesehatan.
Untuk itu ia berharap melalui program itu pula akan semakin menguatkan komitmen pemda Majene untuk selalu mengedepankan upaya-upaya pencegahan penyakit, menggalakan budaya hidup sehat, melalui gerak aktif dan berolahraga. ” upaya tersebut akan membantu menciptakan perilaku hidup sehat dimasyarakat tidak hanya dengan perspektif mengobati saja namun upaya pencegahan melalui gerak dan olahraga ” ungkap Fahmi.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Barat Alibaal Masdar juga mengatakan program germas merupakan program yang sifatnya berulang. Setiap daerah di Indonesia tentu akan tetap mengupayakan peningkatan kulaitas hidup masyarakatnya melalui penyadaran pola hidup sehat. Dalam kesempatan itu mantan bupati Polman dua periode ini menyebutkan gerakan ini akan dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTML). ” program ini kan sifatnya mengulang saja, yang terpenting komitmen hidup sehat yang harus kita maksimalkan tidak merokok, tidur teratur, sikat gigi, minum air putih, berolahrgaga menggunakan baju bersih dan sarapan, kalau itu kita lakukan Insya Allah kesehatan akan selalu terjaga terangya.

 

šŸ”„95

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here