Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Kabupaten Majene Tahun 2017

Disela kegiatan peringatan hari sumpah pemuda tingkat kabupaten Majene tahun 2017, Bupati Majene Fahmi Massiara secara simbolis menyerahkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) pemula dan penggantian untuk tahap ke III. Sebanyak lima kecamatan diberikan dengan total 970 keping, dengan rincian 854 keping untuk KTP EL pemula, dan 116 keping untuk penggantian.  Lima kecamatan tersebut diantaranya kecamatan Banggae Timur (225 keping), Pamboang (162 keping), Sendana (200 keping), Tammerodo Sendana (134 keping) dan Tubo Sendana (249 keping). Dengan demikian total keseluruhan penyaluran KTP-L untuk tahap satu dan dua berjumlah 1302 keping.

Untuk penyaluran tahap ini,  tetap di dominasi pengguna  KTP-L pemula dengan total 854 keping.Pengguna KTP-L pemula merupakan warga yang baru saja berusia 17 tahun. Meski demikian masih terdapat sekira 4.952 jiwa yang belum melakukan perekaman KTP-L  mengingat adanya keterbatasan blanco. Namun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tetap melayani perekaman namun belum menyerahkan blanco. Dari data yang dibacakan  4.378 jiwa telah melakukan perekaman (tanpa blanco). Untuk ketersediaan blanco KTP-L masih menunggu kebijakan pusat, dan Majene masih membutuhkan blanco sekira 8.666 jiwa.

Berikut Informasi lengkap dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene

Jumlah Penduduk Kab Majene 166.505 Jiwa
Wajib KTP-Elektronik 107.731 Jiwa
Yang telah melakukan Perekaman 102.779 Jiwa
Belum Melakukan Perekaman 4.952 Jiwa
Telah Memiliki KTP – Elektonik 98.401 Jiwa
Belum Memiliki KTP-Elektonik 4.378 Jiwa

 

Sementara itu juga dilakukan penyerahan alat mesin pertanian peruntukan Brigade Alsintan pada Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan kabupaten Majene. Brigade Alsintan merupakan satuan tugas alat mesin pertanian yang berpusat di Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan kabupaten Majene. Sebanyak tiga traktor roda empat yang diserahkan Bupati Majene.

Prinsip pengelolaan Brigade Alsintan untuk memberikan layanan kepada masyarakat /petani yang membutuhkan alsintan untuk proses budidaya dan pasca panen. Bagi masyarakat /petani yang berkeinginan memanfaatkan layanan Brigade Alsintan harus mengajukan permohonan kepada pengelola. Pengelolaan Brigade Alsintan dimaksudkan sebagai task force dalam bentuk pendampingan kegiatan olah tanah, tanam dan panen secara serempak yang dilakukan kelompok tani di masing-masing wilayah. Hal tersebut untuk membantu para petani dalam percepatan pengolahan tanah dan proses penanaman sehingga berdampak positif pada produksi yang signifikan, cepat dan tepat guna yang pada giliranya akan mewujudkan swasembada pangan dan pengembangan holtikultura yang sejala dengan revolusi hijau yang di canangkan pemerintah kabupaten Majene.

Selain itu ada juga pemberian bantuan kendaraan roda tiga (bentor) yang akan dimanfaatkan untuk mengangkut sampah yang ada di kota Majene. Bantuan tersebut merupakan program coorporate sosial responsibility (CSR) dari bank BPD Suleselbar cabang Majene.  Mereka yang menerima diantaranya  Relawan Siaga 86, Gabungan Organisasi Wanita, Gerakan Saleppa Mappacing, Pembersih Rujab, Kota tanpa kumuh (KOTAKU) BKM Pattoe Rannu kelurahan Pangaliali

🔥60

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here