Launching Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku ( Gernas Baku ) Tingkat Kabupaten Majene Tahun 2018 .

Bupati Majene Fahmi Massiara bersama stakeholder terkait melaunching gerakan nasional orang tua membacakan buku (Gernas Baku) kabupaten Majene selasa 1 mei 2018, bertempat di pendopo rujab bupati. Gerakan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan minat baca bagi anak di usia dini sekaligus memperkuat dukungan sosial dan emosional antara orang tua dan anak.

Dalam sambutanya, Fahmi mengatakan tumbuh kembang anak merupakan tanggung jawab seluruh pihak. Dengan keterlibatan orangtua dalam membacakan buku, maka akan tercipta  pola asuh yang positif antara oranagtua dan anak, yang juga sekaligus akan mendukung tumbuh kembang optimal anak. “ Saya ingin sampaikan terkait sikap perhatian pembelajaran anak, agar lebih keratif, jangan selalu mengajari  anak denga cara pendidik atau guru disekolah , jadilah pendengar baik saat anak mengalami kesulitan, menjadi pengingat yang baik, pemaaf dan  yang sabar jika anak tidak kurang mengerti yang diajarkan” ungkap Fahmi.

 

Hal senada juga di sampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Olaharaga Ashar Malik,  gerakan tersebut dinilai sangat penting, mengingat menurut survei  tahun 2016 Indonesia berada di urutan 64 dari 72 untuk minat baca buku. Sementara hasil survei statistik bahwa dari 91 % anak usia sekolah, lebih menyukai menonton televisi. Ia berharap dengan dukungan orang tua akan mampu menumbuhkan minat baca sekaligus memantik sikap kritis dan kreatif. “ ini bukan mengajarkan anak untuk membaca, tapi membacakan buku,  menceritakan , pengucapan huruf yang dilakukan orang tua, semakin banyak mendengar dan mengucapkan maka itu menjadi harta berharta  sbelum masuk kesekolah” terang Ashar. Ia juga memberikan tips kepada orang tua yang akan membacakan buku kepada sang anak, yang pertama adalah memilih buku menarik, buku yang disukai, membacakan dengan intonasi yang tepat, mengajak anak untuk bergerak saat menirukan tokoh yang ada di buku.

Bunda Paud kabupaten Majene Fatmawati Fahmi menjelskan, sebenarnya Launcing gerakan nasional orang tua membacakan buku seyognya dilaksanakan pada lima mei mendatang. Namun karna ada sesuatu yang penting dan mendesak , kegiatan tersebut di majukan. “ jadi karna ada alasan lain, sengaja kami majukan” jelas Fatmawati.

Hadiri dalam acara tersebut, Wakil bupati Majene, plt Setda Majene, Kepala OPD, Asisten Bunda Paud  Kabupaten Majene, organisasi Paud, Persit dan Darmawanita., para stakeholder pendidikan.

🔥419

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here