Tanam Perdana Bawang Merah Kelompk Tani Bumi Harapan Kelurahan Baruga Dhua Kegiatan Peningkatan Produksi dan Tanam  Obat APBN 2018

Bupati Majene Fahmi Massiara menyerahkan lima unit hand sprayer pada lima kelompok tani. Bantuan tersebut berasal dari program kegiatan produksi holtikultura  dan tanam obat APBN  tahun anggaran 2018. Hand Sprayer merupakan alat/mesin yang berfungsi memecah suatu cairan, larutan atau suspensi menjadi butiran cairan (droplets) atau spray. Sprayer juga merupakan alat aplikator pestisida yang sangat diperlukan dalam rangka pemberantasan dan pengendalian hama & penyakit tumbuhan. Penyerahan alat pertanian tersebut dilaksanakan di dusun Sondong kelurahan Baruga Dhua kecamatan Banggae Timur 16 mei 2018 yang juga di rangkaikan dengan penanaman perdana bawang merah. Fahmi mengatakan, dengan bantuan yang telah diberikan tersebut, akan membantu produktifitas para petani. Ia mengaku senang melihat geliat pertanian di Majene . Banyak lahan yang awalnya tandus / tidur namun saat ini telah banyak yang di tanami hasil – hasil pertanian. “ kita sangat bergembira banyak lahan yang baru dibuka, tadinya tidur dan tandus lalu ditanami apa yang cocok, pada intinya hampir semua jenis tanaman sudah kita upayakan,  disamping, kelapa, kemiri, kopi semua jenis kita upayakan” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Majene Burhan mengatakan kab majene pada tahun 2018 ini telah mampu menjadi satker di bidang holtikultura . Dengan potensi yang ada saat ini, ia memprediski dua .tiga bulan ke depan petani akan memanen 777 ton bawang merah. Menurutnya, jika harga 30 ribu per kilogram, hasil bawang merah akan mencapai Rp 23 miliar lebih. Selain bupati Majene, juga hadir dandim 1401 letrkol infanteri Rahman, kepala dinas pertanian perkebunan Sulbar dan perwakilan Bi Sulbar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here