Seminar Awal Penyusunan Dokumen Perencanaan Kabupaten Sehat Dalam Mendukung Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Wakil Bupati Majene Lukman membuka seminar penyusunan dokumen perencanaan kabupaten sehat mendukung program gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) kamis 5 juli 2018 di ruang rapat Bapeda.

Lukman menjelaskan, di tahun 2017 pemerintah daerah telah  memfasilitasi terbentuknya tim pembina kabupaten sehat dan forum kabupaten sehat. Selain bertujuan untuk membantu Majene menuju kabupaten sehat di tahun 2019 mendatang, forum tersebut di harapkan pula  menjalin kerja sama antar masyarakat, pemda, dan pihak swasta. Hal itu dimaksudkan untuk  menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah daerah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujudkan sinergi pembangunan yang baik.

Mantan wakil ketua DPRD Majene tersebut juga mengharapkan kepada peserta, agar dapat menetapkan rumusan pemetaan tatanan kabupaten/kota sehat dan dikelompokkan berdasarkan kawasan dan permasalahan khusus yang nanti akan di jadikan indikator kabupaten sehat di Majene. “ kami harap setiap peserta dapat menetapkan rumusan pemeataan tatanan kabupaten sehat dan dikelompokkan lagi berdasarkan kawasan dan masalah” . Beberapa indikator sebutnya kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib pelayanan transportasi, kawasan pengembangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisat sehat,  ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang mandiri dan kehidupan social yang sehat.

Keuntungan yang dapat diperoleh sebagai kabupaten sehat akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti proses pembangunan dapat disusun bersama-sama dengan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, masyarakat lebih mandiri mampu dan mempunyai kesempatan menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan kota. Serta masyarakat bertanggung jawab dan ikut menilai hasil dan memanfaatkan pembangunan tersebut.

Sebagai pemateri, guru besar ilmu kesehatan universitas Hasanuddin Makassar Prof Sukri Palutturi S.KM, M.Sc, P.Hd. Turut hadir Wakapolres Majene, Kepala Bapeda Majene, pimpinan OPD lainya serta para anggota forum kabupaten sehat.

🔥68

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here