Setelah menyerahkan laporan keuangan daerah (LKPD) untuk tahun anggaran 2017 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Refublik Indonesia Perwakilan Sulawesi Barat untuk diaudit.
6 juli 2018 di Mamuju kemarin, BPK RI perwakilan Sulbar akhirnya mengumumkan hasil audit atas LKPD pemerintah daerah Majene tahun 2017 yang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dengan hasil itu, Majene telah meraih WTP untuk ketiga kalinya secara beruntun mulai dari tahun 2015, 2016 dan 2017.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang menerima langsung dokumen laporan tersebut mengaku sangat bersyukur dengan opini WTP di tahun ketiga ini.
” Harapan kami di masa masa yang akan datang kinerja ini dapat kami maksimalkan dan tingkatkan lagi, sehingga untuk LKPD tahun tahun berikutnya (WTP) dapat kami pertahankan” ucap Fahmi.

Ia menjelaskan proses audit dilaksanakan melalui pemeriksaan interem pada 19 februari sampai dengan 15 april 2018 kemudian dilanjutkan pemeriksaan substantif yang dilaksabakan 11 mei gingga 8 juni . ia mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas segala masukan dan koreksi dan langkah langkah perbaikan selama proses perbaikan tersebut. Menyadari masih banyak kelemahan dan kekurangan dalam menyusun LKPD Fahmi akan segera menginstruksikan untuk menindak lanjuti demi perbaikan kedepan. “Menindaklanjuti temuan temuan tersebut kami telah membentuk rencana aksi yang dalam implementasinya kedepan, kami berharap arahan dan masukan dari BPK RI perwakilan Sulawesi Barat agar tindak lanjut hasil audit dapat diselesaikan tepat waktu” bebernya.

Kepala BPK RI perwakilan Sulawesi Barat membeberkan beberapa hal penting yang menjadi catatan khusus terkait LKPD Majene tahun 2017 yang perlu mendapat perhatian serius. Diantaranya penyajian LKPD, tertib waktu pengelolaan pajak retribusi karna ketertiban waktu adalah tuntutan, pertangungjawaban belanja yang tidak sesuai kenyataan dan harus patuh pada aturan. Selain itu terkait penyusunan sop masih banyak belum sepengatahuan dan persetujuan bupati, validasi data – data vital untuk desa desa di Majene.” untuk hasil diperoleh’ pamkab majene perlu upaya besar untuk melakukan perbaikan dan menjadi perhatian untuk di selesaikan” terangnya.

Ketua DPRD Majene Darmansyah yang turut hadir juga mengatakan, untuk hasil audit yang sudah diterima akan di tindak lanjuti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here