Ekspose Data Potensi Desa (PODES) 2018 Kabupaten Majene Dan  Sosialisasi Sensus Penduduk 2020.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap data potensi desa yang  dihasilkan  Badan Pusat Statistik (BPS), termasuk penggunaan data – data dasar konsep yang dikumpulkan dan penyajiannya, BPS Majene menggelar ekspose data Potensi Desa (PODES) 2018 kabupaten Majene. Acara yang dilaksanakan di Aula Vila Bogor Leppe pada 4 Desember 2018 tersebut juga di rangkaikan dengan sosialisasi Sensus Penduduk 2020.

Ketua panitia Drs. Syhabuddin mengundang 95 peserta yang terdiri dari, perwakilan OPD, para Kepala Desa dan Kelurahan, pihak Kecamatan termasuk unsur pers. Ia menyebutkan materi yang di paparkan, terkait keunggulan podes, yang di hasilkan, penjelasan detail serta sosailisasi sensus 2020.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang membuka acara tersebut mengatakan, bahwa  pembagunan di desa amat berkaitan dengan  pembangunan secara nasional atau dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran. Implementasi program kebijakan nasional perlu di dukung ketersediaan daat dan informasi berbasis data, untuk melengkapi data yang telah ada sebelumnya.  Termasuk potensi spesifik, di semua tingkatan semua wilayah hingga terkecil. Untuk itu ia berharap, kepada setiap Kepala Desa yang hadir Ekspose Podes ini merupakan momen untuk  memahami  potensi desa  dengan lebih baik. Seharusnya kata Fahmi, data potensi desa harus diketahui diluar kepala, tidak lagi bertanya disub bagian tertentu.” Kalau ada yang tanya, saat tidak dikantor, mau itu dilapangan, menghadiri pernikahan atau melayat  harus bisa dijelaskan saudara harus bisa menceritakan itu, kalau tidak update, kita hanya terbawa pola lama data yang sudah basi” ungkapnya.

Pendataan Potensi Desa (Podes) merupakan kegiatan mengumpulkan data dan informasi tentang potensi spesifik yang dimiliki oleh semua wilayah hingga tingkat terkecil (small areas). Data Podes merupakan bahan yang penting bagi perencanaan, implementasi, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah secara umum atau bahkan secara spesifik menurut wilayah tertentu.  Data hasil Pendataan Potensi Desa (Podes) hingga saat ini merupakan sumber data tematik berbasis wilayah yang mampu menggambarkan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah setingkat desa di seluruh Indonesia. Data Podes tersebut dapat diolah sehingga dihasilkan informasi penting berbasis wilayah untuk berbagai keperluan oleh berbagai pihak yang membutuhkan.

 

 

🔥45

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here