Sosialisasi Tingkat Kabupaten Program BSPS Tahun 2019.

Bupati Majene Fahmi Massiara membuka acara sosialisasi tingkat kabupaten untuk program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019, Rabu 31 Juli yang di laksanakan di ruang pola kantor Bupati Majene. BSPS merupakan merupakan program dari Kementrian PUPR, yang kemudian di tindak lanjuti masing-masing satker di wilayah kerjanya. Fahmi mengatakan program tersebut  merupakan solusi permasalahan rumah tak layak huni (RTLH) di Kabupaten Majene. Pemerintah  sangat mengapresiasi dan berharap  program tersebut terus berlanjut terutama di wilayah kecamatan, kelurahan dan desa. “kita harapkan program tersebut bisa terus berlanjut khususnya di wilayah yang belum tersentuh” ungkapnya.

 

Selain hal tersebut, permasalahan lain di bidang perumahan yaitu backlog. Saat ini  pemerintah daerah tengah mendorong upaya penyelesaian dengan konsep penanganan sesuai dokumen RP3KP yang sementara berproses. Hal tersebut juga dimaksudkan agar kedepan kawasan pemukiman dapat terintegrasi dengan pembangunan infrastruktur diantaranya mencegah timbulnya pemukiman liar  yang menjadi salah satu penyebab terciptanya mawasan kumuh.

Ia juga berharap agar backlog dapat berkurang di daerah ini melalui program BSPS pembangunan baru, perumahan komunitas, rumah khusus, rumah susun dan lainya. Pasalnya  hal tersebut juga dipengaruhi oleh agenda pembangunan Sulbar di Majene sebagai pusat pendidikan, dimana kebutuhan hunian akan sangat dinamis bahkan cenderung cepat yang bisa mengakibatkan jumlah backlog  menjadi tinggi. Fahmi juga menyebutkan program perumahan yang terealisasi seperti rumah khusus nelayan dan rumah susun ASN agar disempurnakan dan beroperasi sebagaimana yang di harapkan.

Dikesempatan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan simbolis bantuan stimulan perumahan swadaya kepada perwakilan kecamatan.

Hadir dalam acara tersebut, TP4D, Dinas PKP Provinsi Sulbar, Koordinator Bank penyalur, Satker SNVT Sulbar, PPK Program BSPS Kabupaten, Kadis Perkimtan Majene, Tim Teknis BSPS, para lurah dan kades terkait, LSM dan undangan lainya.

 

🔥244

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here