Pelatihan Protokoler dan Master Of Ceremony (MC)

Hari kedua pelaksanaan pelatihan protokoler dan Master Of (MC) yang dilaksanakan oleh Bagian Humas Setda Majene Jumat 9 Agustus 2019 berlangsung menarik. Materi terkahir tersebut dibawakan oleh Dr. Aziz Nojeng, S.Pd, M.Pd Dosen Unismuh yang juga Presenter TV dan Radio.

Aziz mengatakan seorang MC tidak boleh On time atau tepat waktu. Seorang MC harus datang kelokasi acara beberapa jam sebelum acara di mulai. ” Kalau acaranya jam 19.00 , anda harus datang pukul 17.00, jadi harus melebihi ontime, bahkan kalau acaranya hari Kamis anda datang hari Senin” ungkapnya yang disambut tawa peserta.

Ia menjelaskan, sangat penting bagi seorang MC membangun atmosfer dan akrab dengan suasana di lokasi acara. Dengan datang sebelum On time MC bisa berkomunikasi dengan panitia, mengenali panggung atau tempat acara dan juga mengikuti briefing jika hal tersebut dilakukan. Karna itu seorang MC harus benar-benar menguasai seluruh aspek yang mempengaruhi kelancaran acara saat itu. “ ingat MC itu jantung nya acara, kalau MC nya kacau atau salah maka akan berpengaruh dengan kesuksesan acara tersebut” Ungkap Dosen yang juga mantan pelawak API di salah satu TV Nasional Swasta tersebut.

Materi dimulai pukul 09.00 pagi hingga sore hari. Selain pemberian materi, juga dilakukan praktek MC oleh seluruh peserta tanpa terkecuali.

Ketua Panitia Sufyan Ilbas mengatakan, banyak masyarakat yang antusias dengan pelaksanaan pelatihan Protokoler dan MC tersebut. Bahkan banyak yang ingin ikut, namun peruntukan pelatihan Protokoler dan MC hanya untuk perwakilan OPD dan Pemerintah Kecamatan. “ respon masyarakat sangat tinggi, waktu kita lempar kemedia social, banyak sekali yang ikut pelatihan ini” ungkap Sufyan.

Selain menjadi peserta, mereka juga ditunjuk dan tergabung dalam Protokoler Pemerintah Kabupaten Majene. Peserta tersebut diberikan Pin logo Pemda yang bertuliskan protokoler dan MP3.

🔥183

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here