Pembukaan Pelatihan dan Pengembangan Sarung sutra Mandar.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Majene Bersama Hitam Putih Institut, menggelar pelatihan dan pengembangan sarung sutra Mandar, bagi masyarakt pengraji  di Desa Bonde Kecamatan Pamboang. Acara teresebut di laksanakan di Aula Kantor Desa Bonde Senin 2 Desember 2019.

Hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut, Bupati Majene, Kadis. Koperindag, Camat Pamboang, Kades. Bonde, Perwakilan BRIAndi. Irdan, Ketua Hijau Hitam Institut Herman dan peserta pelatihan.

Kepala Desa Bonde mengatakan, sejak dua tahun terakhir, diwilayahnya telah  menggalakkan produksi sarung sutra Mandar. Awalnya  pengrajin tenun sutra Mandar di Luaor hanya 13 pengrajin, namun saat ini bertambah hingga 26 orang pengrajin. Ia berharap agar semua peserta untuk dapat meneruskan program atau “Manette”  karna kita sudah di back up dengan pemasaran oleh Dinas Koperindag”

Bupati Majene Fahmi Massiara yang membuka kegiatan tersebut, mengatakan yang menjadi kendala sehingga hasil produksi dari Desa Bonde ini tidak begitu populer, dikarnakan design dan warna yang perlu di perhatikan. Pasalnya dalam persaingan bisnis sarung sutra ini juga harus mengikuti perkembangan jaman. “ bisa membuat atau mencipta model dan design yang bagus dan diminati oleh para konsumen”

Ia juga meminta kepada warga Majene untuk  menggunakan sarung sutra Mandar dari pengrajin Desa Bonde. Hal tersebut itu harus dibarengi dengan kualitas yang bagus. Selaku pemerintah daerah sebut Fahmi, ia bisa saja mengintervensi untuk membeli Sutra Mandar di Desa Bonde, namun hela tersebut juga harus di imbangi dengan prodak yang tersedia dan berkualitas. Ia juga berharap Pemdes Bonde memanfaatkan Bumdes harus berperan aktif, untuk memberikan pelayanan kepada warganya, mulai dari permodalan sampai kepada pemasarannya. “  BumDes  harus lebih banyak berperan, mencari literatur tentang motif dan design yang bagus, termasuk pemilihan benang yang baik “ terangnya.

 

 

 

🔥90

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here