Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat Kabupaten Majene

Menindak lanjuti MoU terkait pencanagan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Majene (DPPKB), bersama Dinas Pendidikan Sekolah (Disdikpora) Kabupaten Majene, Selasa 3 Desember kemarin dilaksanakan Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di SMP Negeri 3 Majene.  SSK merupakan sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan kelaurag berencana dalam beberapa mata pelajaran, yang didalamnya terdapat pojok kependudukan, sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana. Selain itu guru dan peserta didik di harapkan dapat memahami isu kependudukan dan guru dapat mengintegrasikan isu kependudukan dalam pembelajaran sesuai kurukulum 2013.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulbar Andi Rita Mariani, menyampaikan untuk tingkat SMP di Sulbar, implementasi pembentukan SSK  masih rendah. Termasuk  tingkat  SD dan Paud yang berada pada angka nol.  Meski demikian ia berterima kasih dari  5 kabupaten yang di advokasi oleh BKKBN  sampai saat ini masih proses. “ Semoga kabupaten lain, bisa meniru seperti Kabupaten Majene , yang telah mencanangkan SSK “ Di kesempatan tersebut ia juga berharap, agar pencanangan tingkat  SD dan Paud bisa segera direalisasikan.

Bupati Majene Fahmi Massiara menyambut baik pencanagan SSK tersebut, menurutnya perlu upaya menghadapi era bonus demografi secara bijak. Pendidikan kependudukan bagi para gerenerasi muda,  utamanya siswa disekolah penting dilakukan, agar mereka menyadari persoalan yang di hadapi dimasa yang akan datang. “kedepan mereka tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas memiliki pengetahuan, pamahaman dan kesadaran serta sikap perilaku berwawasan kependudukan” ucanya.

Ia juga mengatakan untuk memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing siswa, juga harus menumbuhkan sikap tanggung jawab dan perilaku yang adiptif berkaitan dengan dinamika kependudukan. Selain itu ia juga berharap dengan pencanangan SSK, dapat mengurangi angka drop out dan kasus-kasus lainnya. Termasuk mengurangi angka stunting dan pernikahan dini.

Hadir dalam acara tersebut Dr Hj Wahida AS Plt DPPKB Majene, Kadisdikpora Majene Ir. H. Iskandar MM, Para Kepala Sekolah dan Siswa Siswi Didik.

🔥29

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here