Lemparan kritik rencana pembangunan Politeknik Majene kembali di suarakan sejumlah mahasiswa di Kantor Bupati Majene Jumat 17 Januari 2020. Mahasiwa masih dengan tuntutan awal agar pembangunan Politeknik tidak berpusat di Kecamatan Banggae dan Banggae Timur.

Wakil Bupati Majene Lukman yang menerima penyampaian aspirasi tersebut,mengajak dialog di ruang rapat Sekertaris Daerah. Ia dampingi Asisten bidang pemerintahan dan sejumlah OPD terkait. Sesuai keinginan mahasiswa tersebut, Lukman meminta agar mahasiswa menunjukkan  lahan yang siap di bangun di luar dua Kecamatana tersebut tanpa ada polemik atau sengketa. Karna selama ini, permasalahan utama pembangunan infrastruktur baik di wilayah perkotaan dan desa selalu terkait dengan lahan atau tanah.

Ia mengajak para mahasiswa untuk bekerjasama. Pemda akan terbuka dalam setiap tahapan pembangunan. Jangan sampai kata Lukman, rencana tersebut hanya akan menjadi mimpi dan kesempatan menghadirikan Politeknik Majene lepas begitu saja karna polemik yang tidak selesai.  “ mahasiwa ini adalah orang yang cerdas lebih dari pada kami, tolong di tunjukkan logikanya,  kalau mahasiswa bisa menunjukkan ada lahan yang siap dan masyarakatnya legowo tanpa ada masalah, kenapa tidak, silahkan tunjukkan dulu lahannya “ ujar Lukman.

Kabag Organiasi Setda Majene Afiat Mulwan juga menjelaskan kepada mahasiswa, meski Kampus Politeknik Majene akan di pusat kan di dalam kota, namun pemda tetap akan mengakomodir adanya penempatan kelas  untuk jurusan tertentu sesuai dengan karakteristik wilayahnya. Misalnya untuk perikanan dan pertanian akan lebih efektif jika berdekatan dengan wilayah yang sesuai letak geografisnya dan tidak harus di Banggae Timur dan Banggae.

Alasan utama pemerintah Kabupaten Majene menempatkan Politeknik Majene di wilayah perkotaan karna pemerintah telah memiliki lahan seluas 7 Ha. Penentuan lahan tersebut bahkan telah melalui kajian dan pertimbangan. Selain itu, pembangunan tersebut sangat mendesak, sehingga jika Majene melepaskan kesempatan tersebut, maka pemerintah pusat bisa saja mengalihkan ke kabupaten lain.

🔥386

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here