Pembukaan Bimbingan Teknis Penyusunan dan Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2019
Kabupaten Majene bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri RI
Tahun Anggaran 2020.

LPPD merupakan salah satu wujud laporan atas pelaksanaan tugas, fungsi dan kewajiban Kepala Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang disampaikan secara berjenjang kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sekali dalam setahun yang ditindaklanjuti kinerja Pemerintah Kabupaten.

LPPD juga menjadi gambaran pencapaian kinerja pemerintahan secara utuh selama satu tahun anggaran, ataupun selama masa jabatan Kepala Daerah. Jika LPPD berjalan baik maka akan ber implikasi pada peningkatan bantuan dari Pemerintah Pusat baik itu DAK bidang Kesehatan maupun DAK bidang Infrastruktur dan lainnya.

Hasil maksimal tentu menjadi target setiap Pemerintah daerah tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Majene yang terus mengupayakan perbaikan dan penataan. Bahkan untuk periode ini Bupati Majene Fahmi Massiara menargetkan perbaikan peringkat, atau menjadi peringkat pertama di tingkat provinsi Sulbar dan masuk dalam peringkat dua puluh besar nasional. “kita harus memperbaiki peringkat, target kita menjadi peringkat pertama di tingkat provinsi dan masuk dalam peringkat dua puluh besar Nasional ” ucapnya saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan dan Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2019
Kabupaten Majene bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri RI
Tahun Anggaran 2020 di Hotel Aerotel Smile Makassar Jum’at, 24 Januari.

Target tersebut dinilai realistis apalagi katanya, narasumber merupakan tim dari Dirjen OTDA yang menjadi pendamping penyusunan LPPD tahun 2019 Tim tersebut juga yang telah membawa pemerintah Kota Makassar dari peringkat 27 secara nasional, menjadi peringkat I (pertama) terbaik nasional kategori kota besar.

Fahmi mengharapkan Pimp. OPD untuk memberdayakan & memberikan tanggung jawab operasional dan secara teknis LPPD kepada sekretarisnya, supaya terbagi pekerjaan di OPD.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Majene
Nadlah Fattah mengatakan peserta diwakili 3 orang dari masing-masing OPD yaitu Sekretaris, Kasi. Perencanan & Pelaporan serta Operator setiap OPD dengan jumlah peserta sekitar 120 orang.
Narasumber / Instruktur diantaranya, Direktur Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah dan Pengembangan Kapasitas Daerah Dirjen Otoda Kementerian Dalam Negeri RI. Acara tersebut akan berkahir pada 26 Januari 2020.

Turut hadir Sekda MajenePara Staf Ahli & Asisten, Para Pimpinan OPD,Para Camat, Para Kabag Setda & DPRD, dan seluruh peserta Bimtek.

Materi kegiatan diantaranya
1. Kebijakan Umum Tata Cara Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kab. Majene. oleh Kepala Subdit Peningkatan Kapasitas Daerah, Dit. EKPKD, Ditjen. Otda Nurbowo Edy Subagio, S.IP M. Dev. Plg

2. Kasi. Wil. II, Subdit Kapasda, Dit. EPKPD, Ditjen Otda >> Doni Hadi Suprayitno, ST, M. Si.

3. Penganalis Bahan Evaluasi dan Laporan Seksi Wil. II Subdit Kapasda, Dit. EKPKD, Ditjen. Otda >> Radityo Dimas Prabowo, S. Stp.

4. Penyusun Bahan Evaluasi dan Laporan pada Seksi Wil. II B, Dit. EKPKD, Ditjen. Otda >> Mochammad Panji Utama, A.Md.
Narasumber dari Dirjen Kemendagri RI.

 

🔥178

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here