Lomba Cerdas Cermat Tingkat Sekolah Dasar se Kecamatan Banggae.

Ada tiga pertanyaan disampaikan Wakil Bupati Majene Lukman kepada puluhan siswa peserta lomba cerdas cermat tingkat Sekolah dasar se Kecamatan Banggae, yang dilaksanakan pihak UPTD Pendidikan, Selasa 18 Februari 2020 bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati. Soal tersebut diantaranya mata pelajaran Matematika, Geografi dan Biologi.

Lukman yang juga berlatar belakang guru ini, menyakan  berapa hasil 2 x 3 + 2. Kemudian soal geografi untuk menyebutkan salah satu galaxi atau kumpulan planet yang ada. Lalu pertanyaan terakhir untuk soal Biologi hubungan antara burung bangau dan kerbau. Pertanyaan disebutkan Lukman satu persatu dengan metode rebutan. Bahkan para pejabat lingkup Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga juga di persilahkan untuk menjawab. Namun rupanya, para murid lebih memahami dengan memberikan jawaban yang benar, sementara yang lainnya masih kurang benar. “ yang tahu jawabanya akan diberi hadiah, sementara bapak ibu yang salah tadi kita kasih hukuman “ ucapnya disambut riuh peserta dan undangan.

 

Lukman juga menyampaikan, bahwa bukan kepintaran semata yang menjadi tujuan. Para guru harus focus untuk membangun karakter, terutama masalah kejujuran. Ia menjelaskan, negara Denmark, Finlandia dan Selandia Baru merupakan negara yang paling aman di huni saat ini. Bukan karna hasil alam yang melimpah, namun karna modal kejujuran sehingga negara tersebut maju pesat. di Majene katanya, tingkat kejujurannya belum menggebirakan, terbukti kata Lukman ada SMK di Majene yang mencoba menerapkan kantin kejujuran. Namun yang terjadi barang habis terjual, namun uangnya tidak ada. “bukan Cuma kepintaran yang kita kejar, tapi para guru dan kepsek ini harus membangun karater terdidik melalui kejujuran”ungkapnya.

 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Iskandar mengusulkan, untuk pelaksanaan lomba mendatang dirancang lebih spesifik. Ada pendalaman materi dengan memasukan materi ujian nasional yang sering muncul. Sehingga sedini mungkin para siswa terasah dengan soal soal UN dan memperkaya referensi sebelum pelaksanaan ujian sesungguhnya pada april nanti. “harapan kami ajang ini akan menjadi ruang peserta didik memperkaya referensi untuk ujian pada april mendatang” pungkasnya.

Lomba cerdas cermat tersebut dikuti 31 Sekolah Dasar se Kecamatan Banggae, setiap sekolah mengutus satu regu yang terdiri dari empat orang siswa dan satu orang cadangan.

 

 

🔥172

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here