Imbas wabah virus Korona (Covid 19) tidak hanya menyebabkan kepanikan di masyarakat secara social, namun juga berdampak besar untuk di sisi per ekonomian. Meski Majene hingga kini masih dalam zona hijau untuk kasus tersebut, sebagai bentuk antisipasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Majene, menggelar pertemuan terbatas pada 23 Maret kemarin di ruang wakil Bupati Majene. Rapat dipimpin Wakil Ketua TPID Majene Lukman anggota lainnya, yaitu Perum Bulog Kab. Majene, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Satuan Polisi Pamong Praja, Bappeda Majene dan Balitbang Majene.

Lukman mengatakan ketersediaan pangan menghadadapi dampak virus Corona harus di antisipasi. Terutama ketersediaan sembako bahan pokok,. “  seluruh OPD teknis harus memikirkan ini,  semoga kebutuhan pangan di kabupaten ini bisa terjaga dan stabil “ ucapnya.

 

Sementara itu, untuk stok beras di Perum Bulog Cabang Polman sebanyak 1325 ton, atau masih aman hingga  3 bulan kedepan. Untuk Minyak goreng 6600 L, terigu 2220 kg, daging 800 kg. Hanya saja untuk gula pasir stoknya nya kosong dan saat ini tengah berkoordinasi ke Makassar .

 

Kadis Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Majene Burhan Usman juga melaporkan, Bulan Maret dan awal April akan ada panen padi sawah seluas 55 ha dengan prediksi hasil 348 to . Pada April panen seluas 235 Ha dengan prediksi hasil 1466 ton. Untuk Padi ladang seluas 372 Ha atau 4150 ton dan 556 Ha 2191 ton. Komoditas Jagung seluas 255 Ha dengan prediksi hasil 4950 ton. Panen kemungkinan pada bulan April seluas 549 Ha dengan hasil 5156 ton. “ Insyaallah hingga agustus stok pangan khususnya beras dan jagung akan aman, karna ada panen pada Maret dan April” jelasnya.

Selain itu, juga dibahas harga gula pasir yang melabung tinggi dipasaran. Kadis Ketapang  Majene menyebutkan, harga yang ada saat ini Rp17.000 perkilo dari Rp 12.000 perkilo.” permasalahannya karna tidak ada stok gula di bulog” selain itu ia juga mengungkapkan perlu mengantisipasi harga gula merah yang ternyata meningkat drastis.

🔥23

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here