Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pembagian BLT.
Jika tidak ada aral melintang, Selasa 12 Mei 2020, penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk dana APBD Majene sebagai kompensasi dampak Covid 19 akan disalurkan. Ada lima tim yang dibentuk,  terdiri dari pemerintah daerah, DPRD Majene dan pejabat Forkopimda yang akan turun langsung memantau dan mengkoordinir proses pendistribusian BLT di setiap titik lokasi penerima. Mengantisipasi adanya masalah dilapangan, anggota tim covid 19 menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pembagian BLT, 10 Mei malam di ruang pola Kantor Bupati Majene. Rapat tersebut dihadiri Tim Covid 19 Majene, diantaranya Bupati Majene sebagai Ketua Tim Covid 19,  Kapolres Majene, Dandim 1401 serta para pimpinan OPD. Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Majene.

 
Kepala DKPAD Kasman Kabil menjelaskan BLT APBD bersumber dari anggaran APBD 2020. Dengan kriteria keluarga miskin yang tidak menerima BLT Dana Desa, PKH tunai / sembako, Bantuan Sosial dari Kemensos serta kepala keluarga yang kehilangan pekerjaan karna covid 19. Ada tiga tahap penyaluran, yaitu penyaluran pertama senilai Rp 600 per KK dijadwalkan minggu kedua bulan Mei. Penyaluran kedua minggu pertama bulan Juni dan penyaluran ke tiga pada minggu pertama bulan Juli. 2020. ” semua diupayakan lebih awal disalurkan, dalam bentuk uang tunai dan memakai amplop serta mengedepankan psyical distancing ” terangnya.

Untuk lokasi penyaluran dipusatkan di kantor Lurah dan Kantor Desa yang dampingi para Lurah atau Kades dan diawasi Kepolisian dan TNI. Sementara untuk syarat penerima manfaat, harus datang dan mempelihatkan kartu keluarga asli atau bukan daam bentuk fotocopy.
Bupati Majene Fahmi Massiara mengatakan mekanisme penyaluran BLT APBD telah mengacu sesuai arahan Kementrian Dalam Negeri. Program Jaring Pengaman Sosial memiliki potensi masalah dilapangan. Pasalnya semua menginginkan mau masuk sebagai penerima manfaat. Untuk mencegah adanya penerima ganda, diharapkan pihak Pemerintah Desa dan Kelurahan melakukan identifikasi lebih awal paling lambat 11 Mei 2020.

Sebelum pelaksanaan penyaluran, terlebih dahulu akan diawali dzikir bersama yang dijadwalkan Senin 11 Mei pada pukul 21.00 Wita.

 

🔥298

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here