Penyaluran BST Pusat Melalui Koordinasi Kementerian Kelautan & Perikanan RI.

Satu lagi program bantuan tunai kepada masyarakat yang terdampak covid 19 kembali disalurkan. Bantuan Sosial Tunai (BST) berdasarkan data KUSUKA merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang menjaring calon penerima melalui data base Kementerian Sosial RI. Jumat 17 Juli 2020, bertempat di Kantor Pos dan Giro Majene Pemerintah daerah Majene selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat membagikan BST tersebut.

Untuk Majene Kemensos telah menetapkan Calon Penerima BST tahun 2020  sebanyak 1.473 orang Kepala Keluarga, dengan rincian : Nelayan 1.331 orang, Pembudidaya ikan 22 orang, Pengolah Ikan 44 orang dan Pemasar Ikan 76 orang. Namun daftar nama yang mendapatkan undangan untuk saat ini sekitar  1.138 orang, dan  menerima uang tunai Rp. 600.000 per orang.

Sosialisasi dan penyaluran juga di hadiri perwakilan Pemerintah Kab Majene yaitu Kepala BKAD Majene, mewakili Kadis Kelautan & Perikanan, mewakili Kadis Sosial Majene. Selain itu hadir pula Kepala Pos & Giro Majene serta Aparat Keamanan TNI & Polri.

 

Kepala BKAD Majene H. Kasmal Kabil menyampaikan pihaknya bersama Dinas Kelautan & Perikanan Kab. Majene dan Dinas Sosial Kabupaten Majene sekaligus mensosialisasikan teknis penyaluran BST, sesuai surat dari Kementerian Kelautan & Perikanan, yang mengambil data dari Kementerian Sosial RI. Berdasarkan petunjuk teknis dari Kemensos, calon penerima disyaratkan tidak “double salur” dengan ketentuan,  penerima manfaat tidak terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH) atau sembako (BPNT) yang merupakan program jangka Panjang Kemensos dan BLT Kabupaten serta BLT Dana Desa Kementerian Desa Tertinggal.

Kasman juga menyampaikan setelah di verifikasi, data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan ditemukan banyak yang ganda, karena ada yang menerima bantuan serupa dari Pemerintah. ” kami berharap calon penerima yang juga terdata pada program lain harus memilih program apa yang akan diterima, karna tidak boleh double salur” ucapnya.

Disamping  sosialisasi mekanisme penerima bantuan,  Kasman Kabil juga memberikan edukasi protokol kesehatan Covid19, untuk tetap jaga jarak, menggunakan masker & rajin cuci tangan dengan sabun di air yg mengalir.

 

🔥183

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here