Usai penyerahan DTH di kantor Kecamatatan Malunda, Bupati Majene Lukman langsung meninjau lokasi pembangunan kawasan pemukiman baru bagi dua Desa yang akan di relokasi (Rui dan Aholeang) tepatnya di Dusun Alle Alle Kecamatan Malunda.

Saat ini tengah dilakukan pembersihan lokasi dengan menggunakan sejumlah alat berat, yang diatasnya akan di bangun 50 Unit rumah yang merupakan program CSR Bank Sulselbar. Menurut Lukman ada tiga metode yang disepakati dalam pemulihan pemukiman warga terdampak gempa, diantaranya Kontraktual, Swakelola dan bantuan melalui program CSR. Total luas lahan 1.8 hektar dan saat ini masih dalam proses pembayaran.

Lukman mengatakan untuk semua yang di relokasikasi masuk dalam katergori rusak berat. 50 unit telah siap dibangun, sisanya masih menunggu kesepakatan dengan masyarakat apa akan dibangunkan seperti saat ini atau metode swakelola sisanya boleh menggunakan dana Rp 50 Juta.

Kepala BPBD Majene Ilhamsyah mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengab BNPB terkait dana bantuan. Saat ini masih ber proses di Kementerian Keuangan RI dan dalam waktu yang singkat akan di kucurkan ke daerah dan diterima bagi yang berhak.

Sementara itu terkait proses pembebasan lahan relokasi, Kepala Dinas Perkimtan Majene Lies Herawati mengatakan telah mengajukan ke bagian anggaran untuk pembayaran pemilik lahan. ” sudah ada nomor rekening yang di pegang dan akan di eksekusi paling lambat bulan Juni sudah selesai ” pungkasnya.

 

🔥51

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here