Pembukaan Pra Festival Sipamandar Majene 2021

Wakil Bupati Majene Arismunandar membuka kegiatan Lokakarya Budaya sebagai rangkaian Pra Festival Sipamandar 2021, yang dilaksanakan di Aula LPMP Sulawesi Barat Kamis 9 September 2021. Kegiatan tersebut mengambil tema ” Mengembalikan Marwah Sipamandar” yang di gagas oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Arismunandar mengatakan tema lokakarya tersebut sangat penting bagi masyarakat yang sarat dengan adat istiadat yang dimiliki masyarakat Majene. Keterlibatan masyarakat dalam kegatan tersebut juga dapat mengembalikan daya ingat pada sifat-sifat asli orang Mandar.  Terlebih di era globalisasi ini banyak hal yang dapat mempengaruhi tatanan hidup. Ia berharap lokakarya tersebut dapat menumbuhkembangkan jiwa dan semangat kebangsaan khususnya kalangan generasi muda untuk menggali faktor-faktor integratif yang berasal dari pemahaman sejarah serta karakter yang lebih kuat. Aris juga meminta agar panitia mendokumentasikan kegiatan tersebut dengan baik, kemudian di share ke berbagai platform media sosial, agar masyarakat dengan mudah untuk menyaksikan”

Kadisbudpar Majene Andi Beda Basahroe menjelaskan, Festival Sipamandar akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Untuk itu ia berharap seluruh pihak mendukung kegiatan tersebut dan tetap akan disesuaikan dengan protokol kesehatan.”itu sudah jadi perjanjian kami dengan satgas covid 19, kita akan laksanakan dengan melihat kondisi penyebaran covid 19 di Majene juga sesuai protokol kesehatan” terangnya.

Ada tiga narasumber, yaitu Bustan Basir Maras (Antropolog) yang berbicara tentang Nilai-nilai Budaya Sipamandar Untuk Sulbar Malaqbiq,  Prof Dr.H, M Idham Khalid Bodi M.Pd. Peneliti Balitbang Kementerian Agama RI dan yang terakhir Drs Khaeruddin Assegaf MM, Ketua unit Penyelamatan dan Pengamanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulsel yang membahas tema ” Penyelematan Perlindungan Artefak Tinggalan Sejarah dan Cagar Budaya “.

Turut hadir Agustina Rochyanti Ketua ASETI Asosiasi Seni Tari Indonesia selaku (Tim Ahli Indonesiana KeMenDikBud) Pendamping Festival Sipamandar Majene.

 

🔥42

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here