Sariah warga lingkungan Garo’go Selatan Majene baru saja menerima santunan asuransi nelayan senilai Rp. 160 juta rupiah. Sariah merupakan ahli waris dari Almarhum Kaspa seorang nelayan yang telah meninggal. Beruntung, Kaspa selama ini menjadi peserta asuransi nelayan yang merupakan program perlindungan dan pemberdayaan masyarakat nelayan Kementrian Kelautan dan Perikanan, yang juga bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Majene serta PT Asuransi Jaya Indonesia Persero.

Bantuan premi asuransi bagi nelayan tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlidungan bagi individu nelayan dan juga keluarganya. Perlidungan tersebut khususnya memberikan jaminan atas resiko yang dialami individu nelayan jika suatu waktu terjadi musibah. Selain itu program ini diharapkan akan menumbuhkan kesadaran bagi nelayan terhadap pentingnya ikut berasuransi, dan juga dapat membangun keinginan masyarakat nelayan agar ikut serta berasuransi secara mandiri.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang memberikan secara simbolis kepada ahli waris 17 april, di sela pelaksanaan upacara hari kesadaran nasional ini mengatakan, agar santunan asuransi nelayan yang diterima ahli waris untuk di gunakan dengan baik dan bijak. Dengan nilai yang cukup besar tersebut, setidaknya akan membantu perekonomian keluarga yang ditinggalkan almarhum termasuk dalam perencanaan pendidikan anak dan kebutuhan harian lainya. “Asuransi nelayan ini sangat bagus keberadaanya, ini akan membantu sekaligus menjamin keberhasilan kegiatan usaha penangkapan ikan di Majene” terang Fahmi.

Selain itu nelayan merupakan salah satu faktor kunci dalam sektor kelautan dan perikanan, tapi kondisi nelayan yang ada saat ini masih belum dapat dikatakan sejahtera. Usaha nelayan sangat dipengaruhi oleh faktor alam yang mengakibatkan kontiniutas hasil produksi tidak terjamin dan memiliki produktifitas usaha yang rendah.

Saat ini jumlah peserta asuransi bagi nelayan dikabupaten Majene di tahun 2016 mencapai 1.107 orang, yang tersebar di delapan kecamatan. Sementara untuk penerimaan kepesertaan baru ditahun 2017, baru akan di buka pada mei mendatang.

🔥16

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here