PKK Kec Banggae Duta Majene di Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Sulbar Mendatang

0
678

Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun Anggaran 2017

TP PKK kecamatan Banggae keluar sebagai juara pertama, lomba cipta menu seimbang aman (B2SA) berbasis  sumber daya lokal tingkat kab Majene tahun 2017. kec Banggae menyingkirkan 7 kecamatan lainya dengan mengumpulkan nilai 715 dari tiga dewan juri.  Di posisi kedua diraih TP PKK kecamatan Banggae timur dengan total nilai 631. Juara ketiga di raih TP PKK Kecamatan Ulumanda dengan skor akhir 578. Dengan hasil tersebut, TP PKK kec Banggae akan mewakili kabupaten Majene dalam ajang selanjutnya di tingkat Provinsi Sulbar yang sekaligus akan bersaing dengan kabupaten lain menuju level selanjutnya yakni tingkat nasional.

Acara yang di gelar 20 april kemarin di pendopo rujab bupati tersebut merupakan kerja sama Dinas Ketahanan Pangan Kab Majene dengan Tim Penggerak PKK Kab Majene. Sesuai tema, menu yang diperlombakan harus mengandung sumberdaya lokal dengan menyajikan menu sarapan, makan siang dan malam, dengan tidak menjadikan beras atau nasi sebagai makanan pokok.

Melalui lomba tersebut di harapkan ada dorongan kuat untuk menciptakan menu yang mengangkat citra tradisional sekaligus mendukung program pemerintah one day no rice dan juga mengefektifkan panganan alternatif lainya seperti ubi, pisang, jagung sebagai pengganti nasi. Hal ini di sampaikan  Kadis ketahanan pangan kabupaten Majene Ichwanti. “ kami harap ini bukan sekedar lomba yang menjadi rutinitas saja, namun akan mengangkat citra makanan tradisional dan ibu – ibu  di rumah dapat menyajikanya setiap hari “ terangnya.

Hal sedana juga di sampaikan ketua TP PKK Kab Majene Fatmawati Fahmi. Dengan mengkonsumsi makanan alternatif semisal beras jagung, ubi ataupun pisang kesehatan keluarga akan terjaga khususnya mencegah penyakit gula atau diabetes. “ kalau ini bisa kita terapkan, setidaknya ada beberapa hari dalam seminggu maka ini tidak hanya mendukung program ketahanan pangan, tapi juga ikut menjaga kesehatan keluarga melalui makanan yang di konsumsi ”  Jelasnya saat membuka acara tersebut.

Fatmawati juga berharap, melalui lomba cipta menu tersebut, Kabupaten Majene kembali mengukir prestasi. Dimana, Majene menjadi duta Sulbar dan keluar menjadi juara pertama di ajang nasional tahun 2015 lalu.

Sementara itu untuk juara lainya, di raih Tubo sendana sebagai harapan pertama dengan nilai 567, harapan kedua di tempati kes Sendana dengan nilai 559, harapan ketiga di raih oleh kec Tamme’rodo dengan poin 557. Untuk juara hiburan masing masing di raih oleh Malunda dan Pamboang.

🔥100

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here