Bupati Majene Fahmi Massiara memantau pelaksaaan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs se kab Majene, usai pelaksanaan hari pendidikan nasional 2 Mei 2017. Bupati Majene yang di dampingi sejumlah pihak ingin melihat secara langsung pelaksanaan UNBK di lapangan.

Fahmi mengatakan, secara umum pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs di hari pertama, dikategorikan berjalan baik dan lancar. Ia berharap, di hari – hari selanjutnya tidak ada ada masalah yang berarti, mulai dari kesehatan para peserta UNBK dan juga infrastruktur penting lainya yakni komputer dan jaringan internet.” Ini kan menggunakan perangkat komputerb dan jaringan internet, semoga tidak ada masalh berarti, anak anak juga bisa menjawab soal – soal dengan fikiran tenang dan semoga ujianya menggembirakan” jelasnya.

Seperti yang kita ketahui bersama UNBK disebut juga Computer Based Test (CBT) merupakan  sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Dari catatan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab Majene ada sekira 1092 peserta yang mengikuti Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK).  Jumlah tersebut diantaranya 572 peserta perempuan dan 457 peserta laki-laki. Untuk lokasi UNBK dilaksanakan di beberapa titik sekolah, diantaranya SMKN 1, SMKN 2 dan SMAN 2 Majene.

Jadwal UNBK, Mata Pelajaran yang di Ujikan

Jadwal Ujian Nasional 2017 tingkat SMA/SMK/MA, telah dilaksanakan 3 – 13 april, SMA / SMK dilaksanakan pada 3-6 April 2017 dan jenjang SMA/MA dilaksanakan pada 10-13 April 2017. Untuk  Jadwal Ujian Nasional SMP/MTs, dilaksanakan 2 – 16 Mei 2017,  Gelombang pertama UN SMP/MTs dilaksanakan 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017 dan gelombang kedua UN SMP/MTs, dihelat  8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. Kebijakan kegiatan ujian tersebut tidak serentak dilaksanakan pada hari yang sama, mengingat  masih banyak sekolah yang  tidak memiliki fasilitas komputer. Mata pelajaran yang diujikan, yakni pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. USBN SMP dengan mata pelajaran Pendidikan Agama, PPKN dan IPS.

🔥65

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here