Kunjungan Kerja Konsul Jendral (Konjen) Australia di Kabupaten Majene

Ada tiga agenda yang menjadi misi kedatangan Konsul Jendral (Konjen) Australia Richard Mathews ke Indonesia Timur. Isu tersebut diantaranya bekerjasama mengembangkan prospek pendidikan, kepariwisataan dan juga pembangunan Ekonomi. Saat menyambangi beberapa daerah di Sulbar, Richard mengaku sangat tertarik dengan kebudayaan bahari mandar, salah satunya lomba perahu tradisional sandeq, atau yang biasa kita sebut Sandeq Race. Ia melihat potensi tersebut, akan mampu mendatangkan banyak wisatawan asing untuk menyaksikan lomba perahu cepat tersebut.

Hanya saja menurut nya, perlu kesiapan infrastruktur lain harus menunjang potensi tersebut. Seperti ketersediaan hotel atau penginapan hingga transportasi. Selain itu yang paling penting katanya, yakni tetap menjaga kelestarian alam sekitar. “ Pemerintah harus lebih dahulu memikirkan kesiapan hotel, penginapan dan juga transportasi jika itu tersedia maka wisatawan juga akan semakin tertarik, tapi yang paling penting juga tetap menjaga kelestarian alam jangan merusak” terang Richard saat lawatanya ke kabupaten Majene 18 juli kemarin, yang juga diterima langsung oleh Bupati Majene, unsur Forkopimda, dan pejabat lainya.

Richard juga mengatakan, akan membuka kesempatan kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang tertarik mengembangkan potensi pariwisa. Pemerintah Australia siap memberikan pelatihan bagi 30 orang yang berasal dari Indoensia Timur. Para peserta tersebut akan dibekali selama dua minggu di Australia yang akan dimulai pada september mendatang.”saya harap ada yang dari Majene mendaftar kursus singkat ini “ ungkapnya.

Bupati Majene Fahmi Massiara, mengatakan pengembangan pariwisata Majene sejalan dengan penetapan kabupaten Majene sebagai kawasan pengembangan pariwisata nasional melalui PP No 50 tahun 2011. Untuk itu ia berharap kedatangan Konjen Asutralia dapat memediasi promosi keindahan alam bahari untuk mengembangkan potensi wisata di Majene. “  di sektor pariwisata kita memiliki obyek alam seperti pantai dato, pantai taraujung, pantai baluno, dan permandian air panas di Liboro, ada juga atraksi budaya seperti pessawe to tammaq, mamppande banua dan masih banyak lagi” Terang Fahmi saat mengekspos potensi pariwisata .

Acara tersebut juga di hadiri Ketua TP PKK, Rektor Unsulbar, para pimpinan OPD, Asisten dan Staf Ahli, para Kabag, Camat, Lurah dan Kelapa Desa. Sebelumnya rombongan Konjen Australia diterima di rumah jabatan Bupati Majene beserta pejabat dari unsur forkopimda.

🔥87

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here