International Maritim Youth Program (IMYP) 2017

Kabupaten Majene dan Polewali Mandar menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menjadi lokasi studi para peserta internasional maritime youth program (IMYP) tahun 2017. Para peserta diantaranya dar iVietnam, Malaysia, Australia, Rusia, Singapura, Kamboja, Prancis dan juga Indonesia yakni mahasiswa Universitas Trisakti, Universitas Indonesia (UI) dan ITB.

Puluhan pemuda yang dating dari berbagai Negara tersebut, rencananya akan melihat secara langsung kehidupan masyarakat nelayan Mandar. Bahkan selama tiga hari (27-30) kedepan, mereka akan tinggal di rumah – rumah warga dan berbaur dengan masyarakat pesisir. Muhammad Nasir Bedu, Ph.D ketua pelaksana IMYP 2017 menjelaskan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai kemaritiman kepada generasi muda, sekaligus untuk membangun jaringan internasional dan memperkenalkan wilayah maritim yang ada di kabupaten Majene. “ kegiatan inia yang kedua kalinya setelah 2015 lalu ,para pemuda / mahasisiwa internasional ini akan ditempatkan di kecamatan Sendana dan lingkungan Pangaliali, dilokasi tersebut para pemuda akan mempelajari bagaimana kehidupan masyarakat nelayan jelas Nasir saat memberikan laporan acara seminar internasioanal “ Learning From The Sea For The Future ” senin 24 juli di ruang pola kantor bupati Majene.

Rektor Unsulbar Aksan Jalaluddin mengharapkan, kedepan pelaksanaan IMYP bias berjalan dengan lebih baik lagi, khususnya keterlibatan para peserta internasional.“ kita ini berniat untuk mengembangkan kemaritiman, kita punya modal yang sangat besar , sekaligus kita perkenalkan bahwa sejak dahulu nenek moyang kita merupakan pelaut ulung yang perahunya sudah menjelajahi laut internasional” terang Aksan.

Sementara itu Bupati Majene Fahmi Massiara juga mengharapkan setiap peserta IMYP di Majene bisa beradaptasi dengan masyarakat nelayan dengan baik. Sehingga hasil dari kunjungan tersebut bisa memberikan out put yang baik pula kepada daerah” semoga di lokasi nantinya, tidak ada masalah berarti masyarakat bisa menerima dengan baik, dan para peserta IMYP juga bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik pula” ungkap Fahmi.

Acara tersebut di hadiri, Wakil Bupati Majene, Dandim 1401, Ketua dan Wakil ketua DPRD, perwakilan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Sekkab Majene, perwakilan Kampus di sejumlah nergara, seperti Thailand, Malaysia dan Singapura. Juga hadir para pimpinan OPD, Mahasiswa Unsulbar dan beberapa perguruan tinggi lainya.

🔥101

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here