Penanaman Perdana Kedelai Kelompok Tani Sipatuo dan Hijau Lestari di Lokasi Baallang Kelurahan Tande.

Pemanfaatan lahan tidur menjadi lokasi pertanian produktif terus di galakan pemerintah daerah Majene. Sesuai dengan informasi yang diterima sekira 800 hektar lokasi pertanian di delapan kecamatan siap di maksimalkan pada tahun ini.

Setelah beberapa waktu lalu di kecamatan Ulumanda, giliran dua kelompok tani yakni sipatuo dan hijau lestari memanfaatkan lahan di area Baallang kelurahan Tande kecamatan Banggae senin 23 oktober. Kedua kelompok tani tersebut sipatuo  melakukan penanaman perdana komoditas kedelai dengan luas lahan 6-7 hektar.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang turut hadir bersama Wakil Bupati Lukman menjelaskan pemanfaatan lahan tidur di wilayah Majene merupakan langkah yang strategis. Progaram tanam kedelai merupakan salah satu program nasional yang saat ini gencar dilakukan. Setiap element mulai dari OPD  dan stakeholder terkait, senantiasa akan membantu kesinambungan program ini.

” setiap petani harus bersyukur dengan banyaknya program bantuan dari pusat, tidak hanya benih, pupuk tapi juga alat pertanian lain seperti kultivator,handtraktor sudah tersedia, bisa di pinjam kalau belum punya ” jelas Fahmi.

Iskandar Muri Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan mengatakan meski tanaman kedelai belum familiar dikalangan petani di Majene, namun untuk komoditas ini sangat menjanjikan, selain itu tiap penyuluh dan pendamping pertanian telah mendapat pelatihan dari kementrian pertanian.

Penanganan tanaman kedelai hampir sama dengan kacang hijau. Umur tanaman bisa mencapai 90 – 100 hari dengan potensi hasil panen mencapai 2 ton perhektar.

Sementara untuk hasil panen kedelai, pemerintah telah menjamin harga, sehingga petani tidak perlu khawatir lagi. Indonesia kata Iskandar masih mengimpor kedelai sebagai bahan baku dari pemembuatan tempe, tahu, susu,  kecap dan kosmetik.

” harga dijamin pemerintah tidak perlu ributkan karna akan diambil pemerintah kita masih impor kedelai sampai sekarang”

Iskandar juga mengharapkan agar tiap petani memanfaatkan lahan kritis ataupun tidur seperti ini, jika masa panen berakhir jangan dibiarkan kosong. Petani harus kratif memilih komoditas pertanian lainya yang bisa di kembangkan.

 

 

 

 

 

 

🔥33

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here