Penutupan MUSRENBANG Tingkat Kecamatan Tahun 2018

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan (kabupaten Majene) resmi di tutup 28 februari kemarin di kecamatan Tubo Sendana. Dari hasil catatan tim pokja kabupaten, telah dihasilkan 144 usulan kegiatan. Usulan tersebut bersifat terdesak untuk dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat mulai dari tingkat bawah.  Rencananya, dari hasil usulan tersebut kembali akan dilakukan verfikasi secara teknis dan  administrasi. Kemudian akan menjadi bahan dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten, yang rencananya akan di gelar pada minggu ketiga bulan maret 2018.

Bupati Majene Fahmi Massiara yang menutup kegiatan Musrenbang kecamatan mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk mengakomodir segala aspirasi atau kebutuhan masyarakat paling bawah dan akan menjadi prioritas kegiatan yang akan dibiayai APBD. Meskipun begitu, ia menyadari karna keterbatasan keuangan daerah belum sepenuhnya mampu mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat, namun pemerintah sebut Fahmi akan terus berupaya semaksimal mungkin mendahulukan apa yang menjadi hakikat utama pembangunan di Majene, yang kelak akan dirasakan manfaatnya langsung oleh  masyrakat.

“ Program ini lahir dari apa yang menjadi peramsalahan di desa,  yang dialami dan dirasakan langsung masyarakat, oleh itu kebijakan dan perhatian seleuruh OPD, stakeholder terkait  diharapkan akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab” terang Fahmi.

 

Perencanaan pembangunan tahun 2019 ini, merupakan pelaksanaan tahun ketiga dari RPJMD kabupaten Majene tahun 2016-2021 dengan tema “ peningkatan ekonomi kerakyatan berbasis pengelolaan sumber daya alam dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan”. Dengan fokus pembangunan daerah, diantaranya pengembangan agroindustri, minaindustri dan industri kerajinan kreatif, peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat, pembangunan infrastruktur penunjang perekonomian produktif serta pembanguan infrastruktur penunjang kualitas hidup masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut, wakil bupati Majene, ketua, wakil ketua dan para anggota DPRD Majene, pimpinan OPD, para camat, kabag setda, lurah dan para kepala desa se kabupaten Majene.

 

 

🔥274

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here