High Level Meeting (HLM) Oleh Tim Pengendali Infalsi Daerah (TPID) Kabupaten Majene

Kepala kantor perwakilan (KPW) Bank Indonesia (BI)  Sulawesi Barat (Sulbar) Dadal Angkoro mengapresiasi program revolusi hijau khususnya bawang merah. Majene tercatat sebagai daerah yang mampu menekan inflasi melalui bawang merah, yang pada 2017 lalu mampu mencetak 20 ton perhektar. Namun menariknya, Majene  mampu mengembangkan dan mencetak produktivitas bawang merah melalui lahan yang tidak produktif cenderung kritis. Meski demikian perlu antisipasi, khususnya menghadapi puasa dan lebaran mendatang, dimana saat ini bawang merah belum memasuki masa tanam dan dikhawatirkan bakal memicu meningkatnya inflasi. Di bulan maret kemarin, kenaikan harga bawang merah diatas Rp 1000, meski dinilai masih wajar pemerintah daerah melalui TPID harus mulai mengantisipasi melalui kebijakan dan langkah yang konkret.

“ pengedalian inflasi menghadapi puasa dan lebaran menjadi tantangan berikutnya ,kalau dari laporan di Majene belum dilakukan persiapan bulan puasa dan lebaran, jadi data dimiliki selama bulan maret kecenderungan ada kenaikan harga walapun Rp.1000 , artinya kenaikan harga ini tidak ada pasokan atau panen, ini sangat wajar, pasti akan diatas 35 ribu” jelas Dadal saat pelaksaan high level meeting (HLM) oleh TPID kabupaten Majene di aula kantor Bappeda Majene 12 april 2018.

Bupati Majene Fahmi Massiara dalam sambutanya mengatakan agar seluruh pihak atau stakeholder terkait agar lebih serius mendukung segala kebijakan untuk mengendalikan inflasi di kabupaten Majene. Meski kabupaten Majene masuk sebagai nominasi TPID terbaik atau TPID berprestasi tingkat nasional tahun 2018, namun dukungan dari setiap pihak akan secara langsung berdampak  dengan kinerja TPID dengan target RPJMD. ”saya ingin menekankan agar seluruh pihak lebih serius karan secara langsung kinerja TPID akan berdampak pada target kinerja RPJMD” sebut Fahmi.

Dari dokumen RPJMD  2016-2021 telah menetapkan target angka inflasi bahwa dalam RPJMD 2016-2021. Diantaranya menetapkan target angka inflasi untuk tahun 2018 sebesar (2,89%), tahun 2018 (2,68%), tahun 2020 (2,47%) dan kondisi akhir kinerja RPJMD tahun 2021 sebesar (2.28%).

Acara ini juga di hadiri Staf ahli Gubernur Sulawesi Barat Zulkifli Manggasali kepala BPS Drs Syihabuddin, Asisten 11 Setda Majene, para pimpinan OPD dan anggota TPID Kabupaten Majene.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here