Rapat Koordinasi Pusat Daerah Tim Pengendalian Inflasi

Salah satu isu strategis yang menjadi pokok pembahasan pada Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi di Jakarta beberapa waktu lalu, yakni dengan mendorong isu 4K.  Diantaranya adalah ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan  komunikasi yang efektif.

Plt Direktur Jenderal Bina Pembangunan Kemendagri yang juga Selaku Ketua Kelompok Kerja Daerah TPIP, menjelaskan persoalan keterjangkauan harga. Diantaranya akan mendorong efektivitas pemanfaatan APBD melalui percepatan realisasi, termasuk melakukan intervensi dalam rangka stabilisasi harga. Ketersediaan Pasokan, ungkap Diah  menekankan sisi pasokan pangan, distribusi, ketersediaan infrastruktur dan hal-hal yang bersifat struktural, seperti penurunan biaya operasional.  Selain itu demi kelancaran distribusi, TPID harus mendorong perdagangan antar daerah dalam rangka menjaga pasokan komoditas pangan di daerah, serta membangun dan mensinkronkan pasar-pasar pengumpul untuk memperluas akses pasar petani dan mengefisienkan rantai distribusi.

Sedangkan untuk metode komunikasi efektif, Dia juga menyebutkan agar pemda  memantau pergerakan harga, melalui pemanfaatan teknologi informasi, untuk meningkatkan ketepatan dan kecepatan respon atas perubahan harga serta mengatasi informasi asimetris. “ kita harus  mengintensifkan pemantauan lapangan dibandingkan kegiatan yang bersifat administratif juga mekanisme pasar dengan bantuan jajaran kepolisian dan aparat keamanan, khususnya dalam mengatasi penimbunan bahan pangan “ terangnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Majene yang juga Ketua Harian TPID Majene A. Achmad Syukri yang turut hadir pada Rakorpusda  bersama Asisten II Setda Majene Iskandar mengatakan, bahwa pemerintah daerah Majene akan mempelajari lebih jauh hasil rapat koordinasi pusat daerah TPI beberapa waktu lalu, termasuk  semua peluang yang bisa dimaksimalkan untuk kepentingan daerah.

Ia juga menyebutkan beberapa hal yang telah di upayakan pemda Majene dan telah mencapai kesepakatan, terkait kerjasama perdagangan antar wilayah. Belum lama ini kata Syukri, Majene dan kabupaten Blitar sepakat bekerjasama untuk perdagangan jagung oleh petani Majene dalam memenuhi kebutuhan pakan ayam petelur kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. “ Wakil Bupati Majene yang memimpin langsung saat itu, saat  koordinasi antar TPID di kabupaten Blitar 25 September lalu” terangnya.

🔥116

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here