Setelah tujuh tahun melakukan pendampingan dan pembinaan petani Kakao di kabupaten Majene, Swisscontact menutup rangkaian kegiatannya dengan acara lokakarya pembelajaran dan temu stakeholder di ruang rapat Bapeda selasa 26 Februari 2019.

Program produksi kakao berkelanjutan/SCPP – Swisscontact sebuah koalisi publik-swasta untuk mengembangkan sektor kakao berkelanjutan di Indonesia, yang dimulai sejak tahun 2012 dengan memfasilitasi 3.065 petani kakao di 34 desa dan 6 Kecamatan. Diantaranya Malunda, Pamboang, Sendana, Tammerddo, Sendana, Tubo Sendana dan Ulumanda.

SCPP telah memfasilitasi pembangunan rumah, pembibitan  dengan luas total 1.215 m2. Selain itu, Program ini telah melatih 12 penyuluh dan 5 pelatih utama di seluruh wilayah kerja di kabupaten Majene. Petani-petani yang dilatih telah siap memasuki pasar yang lebih kompetitif yaitu pasar nasional maupun internasional.

 

Acara Loka karya ini di pimpin langsung oleh kepala Bapeda A. Adlina Basaroe dihadiri kepala OPD, serta  para camat wilayah pendampingan swisscontact.  Turut hadir perwakilan forum Kakao serta Perwakilan kelompok tani Kakao yang ada di majene.

Pada kesepatan ini kepala Bappeda menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Swisscontact yang telah melakukan pembinaan Kakao di Majene, berharap kiranya kedepan swisscontact tetap memperhatikan kabupaten Majene melalui program-program yang berbeda.

Acara Lokakarya ditutup dengan pemberian cindera mata kepada pemerintah kabupaten Majene beserta stakeholder dari swisscontct .

🔥44

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here