Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah kabupaten Majene tahun 2019 yang dimulai sejak senin 25 Februari lalu akhirnya rampung dilaksanakan satu  Maret kemarin. Forum OPD yang digelar sepekan dimasing-masing OPD tersebut,  di tutup di Dinas Pengelola keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) dan Badan Perencanaan Daerah (Bapeda).

Forum OPD tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk menyiapkan rencana kerja maupun usulan kegiatan pembangunan di tahun 2020. Kebijakan arah pembangunan pemerintah kabupaten Majene, yakni mewujudkan sumber daya manusia dan masyarakat yang berkualitas, mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, mewujudkan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian, perikanan, kelautan dan pariwisata. Memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian kerakyatan, dengan mengoptimalkan potensi daerah yang didukung oleh kemandirian masyarakat. Meningkatkan pembangunan infra struktur bagi percepatan aspek-aspek pembangunan, supremasi hukum dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan profesional dengan peningkatan kapasitas aparatur didasarkan pada nilai-nilai kebenaran dan berkeadilan.


Kepala Bidang Perencanaan Makro Bapeda Afiat Mulwan mengutarakan pelaksanan forum OPD sebagai suatu mekanisme perencanaan yang mengkombinasikan proses-proses partisipatif dari seluruh aparatur di lingkungan pemerintah kabupaten Majene dan proses teknokratis yang berbasis pada pencapain visi misi Kabupaten Majene. Afiat menambahkan pelaksanaan forum OPD I diatur dalam permendagri No 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah. “ juga tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menegah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah” terangnya.

Sementara itu Kepala Bapeda kab Majena A. Adlina Basroe mengatakan Forum OPD ini pada dasarnya merupakan musrembang OPD dimana setelah hasil musrembang kecamatan. OPD terkait diminta untuk menyikapi usulan-usulan dari masyarakat tersebut dan dituangkan kedalam renja OPD yang bisa dipakai untuk kegiatan pembangunan tahun 2020 sesuai dengan skala prioritas yang ada, agar terwujud Majene yang professional produktif dan proaktif. “Forum OPD ini kan pada dasarnya, musrembang OPD setelah hasil musrembang kecamatan” ungkapnya.

🔥319

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here